Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pasang Power Steering buat Daihatsu Gran Max

Kompas.com - 04/10/2023, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Power steering berfungsi meringankan kerja putaran roda mobil. Dengan adanya sistem ini, pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa memutar kemudi.

Namun tidak semua mobil dari lahir alias keluar dari pabrik sudah dilengkap dengan power streering. Alasannya bisa beragam mulai dari mobil tahun tua yang belum pakai power steering atau model paling bawah alias entry level.

Baca juga: Update Harga Motor Bebek per Oktober 2023

Giyarno, pemilik bengkel spesialis Giri Power Steering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, semua mobil pada dasarnya bisa dipasangkan power steering.

Contoh power steering hidrolikKOMPAS.com/Gilang Contoh power steering hidrolik

"Mobil yang belum pakai power steering bisa dipakaikan power steering," kata Giyar kepada Kompas.com, yang ditemui di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/10/2023).

"Ada mobil yang bisa dipakaikan yang power streering hidrolik atau yang pakai oli dan juga yang power streering electronic (EPS), tapi setahu saya tidak semua bengkel bisa mengerjakan memasang yang elektrik," katanya.

Giyar mengatakan, untuk harga bervariasi, sebagai kisaran untuk saat ini mobil yang paling banyak pakai power steering tambahan ialah Daihatsu Gran Max dipatok sampai Rp 7 jutaan.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Membeli Toyota Rush Bekas

Giyarno, pemilik bengkel Giri Power Streering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, semua mobil bisa dipasangkan power steering. KOMPAS.com/Gilang Giyarno, pemilik bengkel Giri Power Streering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, semua mobil bisa dipasangkan power steering.

"Saat ini yang paling banyak pasang power steering itu Gran Max, dia ada yang belum power steering dan ada yang sudah. Kisaran kami itu untuk pasar power steering itu antara Rp 6 juta sampai Rp 7 juta," katanya.

Giyar yang buka bengkel spesialis power steering sejak 2013 ini mengatakan, dengan harga segitu konsumen sudah terima beres.

"Sudah beres, jadi. Power steering itu barang-barangnya baru tapi KW, kalau mau yang copotan sekarang itu buat Gran Max agak susah," kata Giyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com