Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Global Kumulatif Mobil Suzuki Capai 80 Juta Unit

Kompas.com - 04/10/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara kumulatif global, Suzuki Motor Corporation mencatatkan penjualan sebanyak 80 juta unit kendaraan roda empat hingga akhir Agustus 2023.

Lebih detail, Suzuki berhasil memasarkan sebanyak 28,9 juta mobil di Jepang. Sementara sisa, yakni 51,27 juta unit di luar negeri.

Berdasarkan wilayah, Jepang berkontribusi 36 persen pada penjualan Suzuki. Untuk India 32,6 persen, Asia 13,5 persen, Eropa 10 persen, dan 7,8 persen untuk wilayah lain yang meliputi Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Oseania, dan lainnya.

Suzuki Alto menyumbang 20 persen dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir Agustus lalu. Mobil ini telah banyak digunakan selama 44 tahun sejak dirilis pertama kali pada 1979 dan telah menjadi model perwakilan light four-wheeled vehicle atau kendaraan ringan roda empat milik Jepang.

Baca juga: Komparasi Harga City Car Oktober 2023, Siapa Paling Murah?

Posisi kedua ditempati Wagon R series sebanyak 9,5 juta unit, Swift type 8,95 juta unit, Every type 8,39 juta unit, Carry type, 7,28 juta unit, Vitara series 3,95 juta unit, dan Jimny series sebanyak 3,33 juta unit atau 4,2 persen.

Suzuki Jimny 5-pintuDok. Suzuki Suzuki Jimny 5-pintu

Toshihiro Suzuki, Suzuki Motor Corporation mengucapkan, terima kasih kepada pelanggan yang telah menggunakan produknya. Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri.

"Meninjau kembali prinsip ”Menempatkan diri pada posisi pelanggan” yang telah diturunkan dari pendiri kami, Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai “Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)” yang mewakili inti manufaktur Suzuki," katanya dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, termasuk kendaraan yang ramah lingkungan.

Baca juga: Promo Mobil Listrik Awal Oktober 2023, Ioniq 5 Diskon Rp 106 Juta

Penjualan Suzuki di luar negeri telah dimulai sejak 1959 dengan mengekspor Suzulight yang meluncur pertama kali di Jepang pada Oktober 1955. Sebelumnya, Suzuki juga telah memulai memasarkan mobil compact Fronte 800 pada 1965.

Setelah itu, Suzuki memulai produksi mobil lokal pertama di Pakistan yang kemudian berlanjut ke India pada 1983, dan Hungaria di 1992.

Suzuki Alto 1979DOK. www.globalsuzuki.com Suzuki Alto 1979

India saat ini tak sekadar jadi basis produksi pasar dalam negeri, tapi juga ekspor ke Afrika dan beberapa negara lain.

Sampai saat ini, Suzuki telah memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia dan telah memasarkan mobil ke 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com