Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Buka Layanan Kalibrasi Baterai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/09/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengujian baterai pada kendaraan listrik, baik di sepeda motor atau mobil, penting untuk dilakukan. Tujuannya guna mengetahui dan melihat kualitasnya.

Salah satu standar pengujian atau alat ukurnya adalah melalui proses kalibrasi. Karena dengan demikian, kendaraan listrik bisa dipastikan sudah terverfikasi.

"Standarisasi performance kendaraan listrik butuh alat ukur yang salah satunya dengan kalibrasi. Bila tidak melewati kalibrasi, artinya kita bisa mendapat barang sampah yang tidak terverifikasi," ujar Pakar elektrik dan Battery Vehicle dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi, beberapa hari lalu.

Proses verifikasi dilakukan dari beragam komponen, termasuk diantaranya yang tak kalah penting adalah aspek keamanan karena merupakan hal yang sangat fundamental.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Minicab MiEV Dipasarkan Awal 2024 di Indonesia

Bila biasanya proses kalibrasi dilakukan di luar negeri, saat ini alatnya sudah ada di dalam negeri. Salah satu yang memiliki adalah manufaktur peralatan pengujian dan pengukuran Hioki Indonesia.

Kalibrasi baterai kendaraan listrikHioki Kalibrasi baterai kendaraan listrik

Perusahaan ini juga baru saja meluncurkan pusat kalibrasi dan servis terbaru, yakni HiokiCare, untuk memudahkan para pengguna produknya di seluruh Indonesia, termasuk untuk baterai kendaraan listrik.

Tisna Irawan, Managing Director pada PT. Hioki Electric Indonesia menyampaikan, fasilitas terbarunya menggarisbawahi komitmen perusahaan dalam memberikan dukungan layanan kalibrasi dan perbaikan.

Lebih lanjut Tisna mengatakan, idealnya tiap produk yang dipergunakan dalam jangka waktu tertentu perlu dilakukan kalibrasi ulang. Hal ini bertujuan untuk menjaga keakuratan, contoh seperti akurasi pada baterai kendaraan listrik.

Baca juga: Motor Listrik United Mau Tembus Pasar Malaysia Mulai 2024

"Tergantung kebijakan, kalau ditentukan satu tahun sekali, maka setiap satu tahun sekali melakukan kalibrasi ulang. Untuk memastikan keakuratan pada saat produk itu digunakan kembali, jadi produk yang mereka buat dipastikan dengan produk kami," ucap Tisna.

Baterai mobil listrik Seres E1Kompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai mobil listrik Seres E1

Adapun layanan yang ditawarkan pada HiokiCare antara lain berupa, perbaikan komprehensif, kalibrasi terkini, penanganan cepat, servis, pelatihan dan workshop, serta penyediaan suku cadang asli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com