Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kabin Tetap Adem, Saat Parkir Mobil di Lapangan pada Suhu Panas

Kompas.com - 29/09/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Terpaksa memarkir mobil di ruang terbuka ketika suhu sedang panas seperti yang terjadi belakangan ini di Ibu Kota, jadi suatu tantangan tersendiri. Sebab situasi tersebut bisa mengurangi tingkat kenyamanan saat mobil hendak digunakan kembali.

Belum lagi, suhu panas yang terjebak di interior mobil juga bisa mengakibatkan sejumlah komponen rusak seperti dasbor. Sehingga, memperhatikan supaya kendaraan tetap optimal meski harus parkir di tempat tanpa atap jadi penting.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kabin kendaraan tetap adem saat parkir di ruangan terbuka.

Baca juga: Cara Mengurus Mobil yang Diderek Petugas Dishub di Jakarta

Parkir mobil di dalam area SD Global Islamic School, Selasa (6/6/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Parkir mobil di dalam area SD Global Islamic School, Selasa (6/6/2023).

"Pertama, bisa menggunakan tirai penutup kaca depan untuk mengurangi suhu panas masuk ke kabin dari kaca depan (bagian depan)," katanya kepada Kompas.com, Kamis (28/9/2023).

Apabila mobil dilengkapi dengan visor samping atau talang air di pintunya, pemilik bisa sedikit membuka kacanya. Namun, membukanya jangan terlalu lebar guna mengindari pelaku kriminal yang mencoba membuka pintu mobil secara paksa.

"Kalau dilengkapi dengan side visor atau talang air dan suasana parkiran tidak berdebu, kaca samping bisa diturunkan sedikit untuk sirkulasi udara," kata dia.

Penggunaan cover atau sarung mobil juga bisa menjadi salah satu solusi yang dapat dipilih oleh pemilik. Aksesori ini, bisa melindungi mobil dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Plus Minus Sunroof dan Moonroof, Mana Lebih Baik?

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Tapi patut diperhatikan, menggunakan cover mobil tidak bisa sembarangan karena malah bisa membuat dampak tersendiri. Sebaiknya, pakai yang sudah memiliki perlindungan sinar UV.

“Pemakaian cover mobil jadi penting kalau mobil sering parkir di tempat outdoor atau semi outdoor,” ucap Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic kepada Kompas.com.

“Apalagi disaat musim panas seperti saat ini, permukaan mobil yang terpapar sinar matahari mengalami panas berlebih sehingga mempercepat usia cat mobil dan komponen lain yang terkena sinar matahari,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com