Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebabkan Kecelakaan di Tikungan 1, Diusulkan Dapat Penalti Terberat

Kompas.com - 27/09/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kali terjadi kecelakaan fatal di tikungan 1 lap pertama di beberapa sirkuit. Sebagian pebalap pun sepakat untuk diberikan penalti terberat bagi pebalap yang menjadi penyebabnya.

Pada sprint race MotoGP India 2023 di Sirkuit Buddh, Luca Marini masuk tikungan 1 terlalu cepat dan mengerem terlalu lambat. Akhirnya, Marini menabrak ban belakang rekan setimnya, Marco Bezzecchi.

Baca juga: Jadwal MotoGP Jepang 2023, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Kecelakaan tersebut membuat Marini terjatuh dan patah tulang selangka. Sementara Bezzecchi, kehilangan peluangnya dalam meraih podium.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Pada saat yang bersamaan, Stefan Bradl juga menyenggol ban belakang Augusto Fernandez. Kontak tersebut justru berdampak pada Pol Espargaro hingga membuatnya terjatuh.

Kecelakaan pada tikungan 1 lap pertama tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, terjadi juga pada sprint race MotoGP Catalunya dan MotoGP Austria.

Baca juga: Terjatuh di MotoGP India 2023, Bagnaia Terpaksa Ambil Risiko Besar

Pada MotoGP Catalunya, disebabkan oleh Enea Bastianini. Sedangkan pada MotoGP Austria, penyebabnya adalah Jorge Martin. Kedua pebalap tersebut diganjar long lap penalty, termasuk juga Marini.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2023

Aleix Espargaro yang pernah menjadi korban berharap Race Direction akan memberikan penalti terberat. Menurutnya, long lap penalty terlalu ringan.

"Solusinya, ada solusi yang sangat, sangat mudah. Penalti yang berat pada tikungan 1. Saya katakan ini pada setiap komisi keselamatan. Penalti yang berat," ujar Aleix, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (27/9/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

"Sangat berat. Kita akan melihat semua orang mengerem lebih awal, Anda akan lihat. Anda akan mengerem lebih awal, itu mudah," kata Aleix.

Hal yang senada diungkapkan juga oleh Fabio Quartararo. Menurutnya, pebalap yang melakukan kesalahan pada tikungan 1 harus mendapatkan penalti yang sangat berat.

Namun, menurut Jack Miller, insiden pada tikungan 1 memang tak bisa dielakkan dan normal terjadi di tikungan yang sempit.

Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. @88migueloliveira Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

Sedangkan Pol Espargaro, berpendapat sebaliknya, bahwa insiden tersebut selalu bisa dihindari dan pebalap bisa melakukan sesuatu agar tidak terjadi.

"Tidak bisa hanya dengan satu long lap penalty, karena jika Anda menghentikan balapan seseorang atau jika seorang pebalap sampai cedera, apa artinya long lap penalty? Jadi, kesalahan seperti itu harus dihukum lebih berat," kata Pol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com