Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apik di GP India, Honda Percaya Diri Menghadapi Sisa Seri MotoGP 2023

Kompas.com - 25/09/2023, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penampilan dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Joan Mir pada seri ke-13 MotoGP India 2023 akhir pekan lalu, membawa kepercayaan pabrikan untuk menghadapi putaran selanjutnya yang akan digelar di Sirkuit Motegi, Jepang.

Pasalnya, setelah sempat terpuruk kini Mir dan Marquez berhasil menyelesaikan GP India di posisi ke-5 dan posisi ke-9. Keduanya menunggangi Honda RC213V dan bersaing ketat dan kompetitif.

"Balapan yang hebat hari ini. Saya sangat senang dengan penampilan kami selama akhir pekan dan tentu saja finis di posisi ke-5 merupakan dorongan besar bagi kami," kata Mir dikutip dari keterangan resmi Honda Racing Corporation (HRC), Senin (25/9/2023).

Baca juga: Wearpack Jorge Martin Sempat Terbuka di MotoGP India 2023

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023. Periode sulit bersama Repsol Honda membuat Mir sempat berpikir untuk pensiun dari MotoGP.Dok. @joanmir36official Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023. Periode sulit bersama Repsol Honda membuat Mir sempat berpikir untuk pensiun dari MotoGP.

"Saya dan tim melakukan pekerjaan yang baik untuk lebih memahami motor, serta strategi untuk menjadi cepat akhir pekan ini. Tapi balapan secara keseluruhan sangat bagus dan saya menikmati selama GP di India. Mari kita pertahankan di Jepang nanti," lanjut dia.

Diketahui, pada laga tersebut Mir memulai balapan pada posisi keempat dan berusaha mempertahankan tempatnya sebelum Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha dan Bad Binder (Red Bull KTM) secara berurutan merebutnya di garis finis.

Sementara Marquez yang meraih podim pertamanya musim ini pada Sprint Race MotoGP India 2023 juga berusaha merebut podium kedua di balapan utama. Tetapi pada tikungan pertama di putaran ke-5, ia terjatuh.

Tak berselang lama, ia bergabung kembali ke trek dan memulai balapan dari posisi ke-16. Dengan ketertinggalan yang cukup jauh, Marquez pun melesat sampai merebut posisi ke-9.

Baca juga: Honda Jepang dan Amerika Bersatu, Bikin Mesin F1 Terbaru

Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023). Terkini, Marquez dan Mir sama-sama gagal finis pada balapan utama MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8/2023).AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023). Terkini, Marquez dan Mir sama-sama gagal finis pada balapan utama MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8/2023).

"Ini tetap merupakan capaian yang positif. Itu adalah kecelakaan yang sangat kecil namun saya berusaha sangat keras untuk tetap berada di depan. Tapi sayangnya saya melebar dan terjatuh," kata dia.

"Bagaimana pun yang paling penting adalah saya berhasil menyelesaikan balapan. Secara keseluruhan, ritme kami sangat dekat dengan Quartararo (posisi ke-3). Jadi saya pikir kita bisa senang dengan apa yang telah dilakukan pada akhir pekan kemarin," tambah Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com