Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Motor Bisa Terbakar Saat Mengalami Kecelakaan

Kompas.com - 25/09/2023, 09:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kecelakaan maut terjadi di exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023) melibatkan truk tronton dan sejumlah mobil, serta sepeda motor yang berhenti di lampu merah.

Akibat insiden ini, sejumlah motor dan empat mobil pribadi mengalami kerusakan parah. Hingga berita ini ditulis, jumlah korban yang meninggal tercatat empat orang, sedangkan belasan orang mengalami luka ringan hingga berat.

Saksi mata, Samsul menceritakan, terdapat kendaraan roda dua tampak terbakar. “Tiga di antara motor terbakar tadi,” ungkapnya.

Tangkapan layar video amatir pengguna jalan yang sempat merekam kebakaran yang dialami seorang pemilik bengkel dan sebuah motor, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/2/2023).KOMPAS.COM/HANDOUT Tangkapan layar video amatir pengguna jalan yang sempat merekam kebakaran yang dialami seorang pemilik bengkel dan sebuah motor, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/2/2023).

Andre, mekanik Part Station Wonogiri mengatakan, penyebab motor yang terbakar ketika kecelakaan akibat bahan bakar di tangki tumpah.

“Motor abis kecelakaan kan roboh, nah seketika itu bahan bakar yang di tangki, ataupun di karburator tumpah terus mengenai percikan api busi atau koil yang sedang menyala,” ungkap Andre kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Andre juga mengatakan, jika motor langsung mati ketika jatuh kemungkinan tidak terjadi kebakaran.

“Mungkin kalau motornya seketika mati, maka tidak akan terjadi kebakaran, meskipun bahan bakarnya tumpah,” kata Andre.

Petugas Damkar Makassar usai memadamkan sepeda motor yang terbakar di SPBU Pannampu, Makassar Sulsel, Sabtu (23/9/2023) malamist Petugas Damkar Makassar usai memadamkan sepeda motor yang terbakar di SPBU Pannampu, Makassar Sulsel, Sabtu (23/9/2023) malam

Selain itu, Andre juga mengatakan terdapat motor yang pada kemiringan tertentu, ketika rodoh motor akan otomatis mati.

“Namanya lean angle sensor atau sensor kemiringan, ini bekerja ketika motor roboh sensor tersebut mengirim sinyal ke ecu dan otomatis akan mematikan kinerja mesin,” ungkap Andre.

“Teknologi ini biasanya diterapkan di motor yang didesain untuk lelaki, seperti Yamaha Vixion dan Honda CBR,” kata Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com