Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR Corolla

Kompas.com - 16/09/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan kepada media pada, Sabtu (16/9/2023), di Sirkuit Jakarta e-Prix Ancol, &-Jakarta Utara, untuk mencoba jajaran produk GR Toyota, salah satunya GR Corolla.

GR Corolla lahir kembali berdasarkan keinginan kuat untuk menghadirkan Corolla dengan definisi yang lebih modern, yaitu mobil yang memiliki performa tinggi dan tersedia untuk umum.

Pada kesempatan kali ini tim redaksi hanya duduk di kursi penumpang. Tapi paling tidak bisa mengobati rasa penasaraan bagaimana sensasi berada di kursi penumpang hot hatch dari Toyota ini.

Baca juga: Toyota GR Corolla Dapat Penyegaran, Ada Pilihan Warna Baru

Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR CorollaKOMPAS.com/ADITYO WISNU Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR Corolla

Saat masuk ke kabin, bagi penumpang dengan ukuran tubuh rata-rata warga Indonesia dengan tinggi 168 cm, duduk di kursi penumpang depan GR Corolla cukup nyaman. Ruang kepala dan kakinya cukup lega meski mobil ini masuk ke dalam segmen hot hatch.

Sebagai informasi, di dalam mobil hanya diisi dua orang, yakni tim redaksi dan pengemudi bernama Anjas dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Begitu aba-aba jalan dipersilahkan, Anjas langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Dari kursi penumpang, G-Force yang dirasakan cukup kuat akibat akselerasi atau percepatan dari mesin turbo intercooler 3-silinder segaris 1.600 cc yang mampu menghasilkan 299 tk pada 6.500 rpm.

Baca juga: Ini Hasil Investigasi Rangka eSAF Honda dari Kemenhub dan KNKT

Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR CorollaKOMPAS.com/ADITYO WISNU Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR Corolla

Driver pun langsung memutar setir di tikungan pertama Sirkuit Jakarta e-Prix. Sontak, rasanya berbeda sekali terutama pada handling karena menggunakan distribusi tenaga 50:50 (mode trek) ke roda depan dan belakang. Untuk karakater hot hatch, mobil ini juga memiliki suspensi yang terbilang lembut.

Hal paling menyenangkan saat mencoba di sirkuit adalah ketika keluar dari tikungan usai bermanuver. Mobil dapat dipacu spontan untuk kembali berakselerasi oleh pengemudi. Limpahan torsi dan tenaga cukup membuat adrenalin kian terpacu.

Meski hanya menjajal satu lap Sirkuit Jakarta e-Prix, sensasi yang ditawarkan di kursi penumpang GR Corolla cukup menyenangkan. Tak hanya bisa digunakan untuk di sirkuit, namun mobil ini menawarkan kenyamanan berkendara sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com