Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Motor Tiba-tiba Ketemu Jalan Berlubang, Jangan Rem Mendadak

Kompas.com - 16/09/2023, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lubang di jalan merupakan ancaman yang perlu diwaspadai ketika berkendara, terutama bagi pengendara motor.

Berbeda dengan mobil, di mana jika menghantam lubang kemungkinan hanya rusak komponen, tapi kalau sepeda motor bisa lebih parah, yaitu berisiko kecelakaan sampai kehilangan nyawa.

Seperti kejadian yang diunggah oleh akun Instagram @kabarpekanbaru, Kamis (14/9/2023). Dalam rekaman itu, terlihat pengendara roda dua terjungkal akibat adanya lubang saat melintasi Jalan Soekarno Hatta, Pekan Baru.

Baca juga: Ingat, Subsidi Motor Listrik Tidak Tergantung Domisili KTP

Beruntung pengemudi mobil yang berada tepat di belakangnya bisa melakukan pengereman tepat waktu, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan yang serius.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO PEKANBARU, RIAU (@kabarpekanbaru)

“Misalkan kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur. Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jauh karena kaget,” ucap Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, tak sedikit pengguna jalan di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman secara mendadak.

“Jadi, jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang. Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti off road), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efektif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” ujar Agus.

Baca juga: Alasan Toyota GR Garage Hadir di PIK

Namun, Agus menjelaskan, ketika melewati jalan yang berlubang ada tekniknya tersendiri, supaya motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya.

“Posisi pengendara harus menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak. Sama seperti teknik yang digunakan motocross,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com