Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

United Siapkan Motor Listrik Murah

Kompas.com - 15/09/2023, 17:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - United E-Motor mengaku tengah mempersiapkan pendaftaran motor listrik baru, supaya memenuhi standar Tingkat Kandungan dalam Negeri (TKDN).

Motor listrik tersebut adalah Avand Satturn, yang sejatinya sudah rilis dan mulai dijual pada Juni 2023, dan dikhususkan untuk segmen entry level, alias kelas bawah.

Yandi Sosiandi, Head of Marketing Distributor United E-Motor PT BML menjelaskan, Avand Satturn diharapkan mampu memenuhi standardisasi TKDN, dengan persyaratan minimal 40 persen kandungan lokal.

“Kami targetkan selesai secepatnya, supaya bisa diikutkan program subsidi motor listrik dari Pemerintah,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (13/9/2023).

Baca juga: Sisapira, Laman Khusus Pengajuan Insentif Motor Listrik

Motor listrik murah United MX-1200KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik murah United MX-1200

Avand Satturn sendiri merupakan merek independen yang masih berada di bawah naungan United E-Motors, dan diposisikan di segmen entry level, serupa dengan United MX-1200.

Yandi menambahkan, minat masyarakat untuk motor listrik mayoritas berada di segmen tersebut, dengan banderol harga terjangkau di bawah Rp 10 juta.

“Kami melihat minat konsumen sangat tinggi untuk MX-1200, jadi ke depannya akan disusul oleh Avand Satturn juga,” ucapnya.

Sebagai informasi, Avand Satturn merupakan motor listrik model skutik kompak dengan banderol awal Rp 12,5 juta untuk OTR Jakarta.

Jika syarat TKDN terpenuhi dan Avand sukses terdaftar sebagai produk subsidi, harganya akan jauh terpangkas menjadi Rp 5,5 juta saja, menjadikan ini motor listrik paling murah setelah disubsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com