Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Beli Motor Listrik Subsidi di Laman Sisapira?

Kompas.com - 15/09/2023, 17:13 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerima subsidi sepeda motor listrik sekarang pakai syarat yang lebih mudah, yakni dengan NIK saja. Satu nomor bisa untuk membeli satu motor listrik yang sudah dapat insentif Rp 7 juta.

Untuk model apa yang sudah menerima subsidi, bisa dicek di laman Sisapira. Pada halaman web tersebut, ada lebih dari 30 motor yang sudah resmi menerima insentif, berikut harga barunya yang OTR Jakarta.

Laman Sisapira memang menampilkan berbagai motor listrik yang dapat subsidi. Cuma sampai sekarang, laman tersebut bukan jadi tempat jual beli, jadi tidak bisa melakukan transaksi di sana.

Baca juga: Sisapira, Laman Khusus Pengajuan Insentif Motor Listrik

Ilustrasi diler motor listrik YadeaDok. Indomobil Emotor Internasional Ilustrasi diler motor listrik Yadea

Bisa dilihat, laman Sisapira merupakan tempat produsen dan diler mendaftarkan motornya untuk menerima subsidi. Jadi tidak ada tombol beli di sana, tapi setidaknya bisa lihat harga sampai lokasi diler.

Sebenarnya, laman tersebut bisa jadi tempat mengecek NIK apakah bisa menerima subsidi atau tidak. Cuma sampai sekarang, Sisapira masih dalam proses migrasi sistem data, dari syarat yang lama ke baru, pakai NIK.

Baca juga: Masalah ECU, Daihatsu Recall 3.383 Unit Ayla 1.000 cc


Walau tidak bisa dijadikan tempat jual beli motor listrik subsidi, Sisapira bisa jadi acuan harga motor setelah kena insentif. Motor yang ditawarkan beragam, dari harga di bawah Rp 10 juta sampai paling mahal di Rp 40 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com