Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Mobil Pelat Merah Keluarkan Asap Putih Pekat dari Knalpot

Kompas.com - 11/09/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang menunjukkan mobil berpelat merah mengeluarkan asap putih pekat dari knalpot saat melintas di jalan raya. Rekaman itu diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta, Minggu (10/9/2023).

Pada tayangan tersebut terlihat pikap kabin ganda berpelat merah mengeluarkan asap dari knalpot saat melintas di Jalan Mampang Prapatan Raya, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (10/9/2023) pukul 10.56 WIB.

Momen tersebut diabadikan oleh pengendara motor yang melintas di belakangnya.

“Pelat merah, pelat merah. Pulusi bro. Kacau, kacau,” ujar pengendara motor dalam video tersebut.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP San Marino 2023, Bagnaia Masih Memimpin

Video itupun mengundang beragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang heran mengapa mobil berpelat dinas tersebut tetap dikendarai padahal mengeluarkan asap putih yang begitu pekat. Mengingat belakangan ini uji emisi tengah digalakkan kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengurangi polusi udara.

“Plat item putih disuruh uji emisi plat merah yg begini ga disuruh uji emisi aman aja ga kena tilang,” tulis komentar @rizky_gunawan95.

“Ayo saatnya uji emisi,” komentar akun bernama @toci_.

“Lolos uji emisi gak nih? kok bebas modelan kaya gini?” tulis akun seisfarryputra_.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merekam Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Widodo, pemilik bengkel AD Oya yang berlokasi di Jalan Sulaiman, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengatakan, mobil yang mengeluarkan asap dari knalpot sudah dipastikan tidak akan lulus uji emisi.

“Mobil yang tidak akan lulus uji emisi bisa dilihat dari warna asap knalpot, baik itu putih ataupun hitam. Kalau hitam, biasanya suplai bensin kebanyakan, atau salah satu businya mati. Misal, kalau mobil kan ada empat, mati satu atau dua otomatis akan pincang, asapnya jadi hitam,” ucap Dodo kepada Kompas.com, belum lama ini.

“Sedangkan kalau asap putih lebih pada kebocoran kompresi. Itu sudah dipastikan tidak akan lulus uji emisi,” lanjutnya.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, asap putih pada knalpot biasanya menandakan turunnya kompresi pada mesin karena melemahnya ring piston (ring seher) atau seal klep.

Asap knalpot ada yang berwarna putih dna hitam- Asap knalpot ada yang berwarna putih dna hitam

“Tandanya ring piston sudah lemah ialah kompresi mesin jadi rendah, selain itu oli terbakar mengeluarkan asap putih di knalpot. Kalau sudah begitu dampaknya tenaga mesin berkurang,” ucap Didi.

Didi melanjutkan, asap putih di knalpot terjadi karena ring piston tidak bisa menahan oli masuk ke ruang bahan bakar. Oli yang ikut terbakar menghasilkan warna putih pekat yang kemudian keluar bersamaan dengan lubang knapot.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2023: Ducati Kuasai Podium, Kejutan dari Pedrosa

Selain tenaga mesin yang melemah, kebocoran ring piston juga berdampak pada umur busi. Oli yang masuk ke ruang bakar membuat busi cepat mati karena kepala busi berkerak dan berwarna hitam akibat oli terbakar.

“Jika sudah seperti itu cara penanganannya turun mesin atau overhaul untuk mengganti piston yang baru,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com