Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Motor Salip Kendaraan Lain, Selalu Periksa Kondisi Belakang

Kompas.com - 07/09/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang suka dilupakan para pengendara motor saat ada di jalanan adalah mengecek kondisi di sekitar, terutama belakang. Padahal, bukan cuma samping dan depan, cek ke arah belakang juga penting perannya.

Ketika mau menyalip kendaraan lain, ada saja pengendara motor yang tidak memastikan kondisi di belakangnya aman. Padahal, ada saja pengendara lain yang kebetulan mau mendahuluinya, ini yang bisa jadi bahaya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengecek ke arah belakang sebelum manuver mendahului dilakukan agar tidak terjadi senggolan dengan orang lain yang juga mau menyalip.

Baca juga: Daftar Harga Ban Motor per September 2023

Pengemudi Pajero Sport mendahului dari bahu jalan tangkapan layar Pengemudi Pajero Sport mendahului dari bahu jalan

"Jadi untuk memastikan ketika kita akan berpindah lajur tidak ada kendaraan di belakang kita yg tiba-tiba saja menyalip. Sehingga area blind spot di sisi kanan aman," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Kadang, perilaku seperti ini sering dilupakan. Makanya, saat ada pengendara yang mau menyalip motor tadi, malah terjadi senggolan dan bisa menyebabkan kecelakaan.

"Ini juga sering terjadi karena motor di depan yang lama untuk pindah lajur. Jadi motor di belakang langsung tancap gas (lalu senggolan)," kata Agus.

Baca juga: Promo LSUV September 2023, Xpander Cross Diskon Rp 40 Juta, XL7 Rp 30 Juta


Sebenarnya, perilaku pengendara yang baik saat mau menyalip kendaraan lain adalah dengan bergantian. Cuma kadang motor di depan dalam posisi yang tanggung, seperti ingin menyalip tapi tak kunjung dilakukan.

"Tapi bagi motor yang akan menyalip kendaraan di depannya juga harus memastikan area belakangnya aman," kata Agus.

Jadi intinya, blind spot saat berkendara bukan cuma di samping saja, tapi juga belakang. Harus perhatikan spion saat mau manuver mendahului pengendara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com