Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Lagi Juara WorldSBK, Rea Tinggalkan Kawasaki Pindah ke Yamaha

Kompas.com - 06/09/2023, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jonathan Rea sukses meraih enam kali juara dunia World Superbike (WorldSBK) enam kali berturut-turut bersama Kawasaki. Namun, dua musim belakangan ini dia tidak lagi juara dan memutuskan untuk pindah tim mulai musim depan.

Rea resmi akan meninggalkan Kawasaki demi Yamaha. Pebalap asal Inggris ini sudah menandatangani kontrak dengan tim PATA Yamaha WSBK.

Baca juga: MGPA Tanggapi Soal Rencana Penghapusan WorldSBK Mandalika

Rea akan menggantikan Toprak Razgatlioglu. Juara dunia WorldSBK 2021 tersebut meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan BMW mulai musim depan.

Pembalap Jonathan Rea disambut fans saat menuju parc ferme (tempat parkir khusus pembalap yang naik podium) usai Race 1 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022) sore.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pembalap Jonathan Rea disambut fans saat menuju parc ferme (tempat parkir khusus pembalap yang naik podium) usai Race 1 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022) sore.

Eric de Seynes, Presiden dan CEO Yamaha Motor Europe, mengatakan, pihaknya sangat senang menyambut Rea dalam keluarga Yamaha. Selain itu, Yamaha juga sangat termotivasi untuk ke depannya.

"Kami memiliki motivasi yang sama untuk menang, hasrat yang sama untuk WorldSBK. Sama seperti dirinya, kami pernah menjadi juara dunia dan kami ingin kembali ke atas sekali lagi," ujar Eric, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (6/9/2023).

Baca juga: Bautista Sebut Tak Semua Pebalap MotoGP Sukses di WorldSBK

Eric mengatakan, Yamaha akan bekerja keras agar bisa memberikan apa yang Rea butuhkan untuk mencapai target di musim 2024 dan 2025.

Jonathan Rea (kanan) adu balap dengan Toprak Razgatlioglu (kiri) di Sirkuit Mandalika dalam gelaran WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Jonathan Rea (kanan) adu balap dengan Toprak Razgatlioglu (kiri) di Sirkuit Mandalika dalam gelaran WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA.

Rea dikabarkan frustrasi dengan kondisinya Kawasaki Ninja ZX-10RR yang tak kunjung kompetitif. Sejak musim lalu hingga sekarang, Rea cukup jarang berdiri di puncak podium.

Dibandingkan dengan Kawasaki, Yamaha masih lebih kompetitif dengan Toprak saat ini berada di peringkat kedua pada klasemen sementara.

Sementara Rea, ada di peringkat ketiga. Puncak klasemen sementara saat ini ditempati oleh pebalap Ducati, yakni Alvaro Bautista.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com