Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkendara di Jalanan Tanpa Marka, Bukan Asal Salip

Kompas.com - 06/09/2023, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan tanpa marka kerap ditemui di daerah pedesaan dengan jalan berkelok. Kadang, ada saja pengendara motor yang kurang hati-hati saat melewati jalan tersebut.

Contoh cara berkendara yang kurang baik ada pada video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram. Terlihat ada motor dari arah berlawanan yang mau menyalip truk di depannya saat berada di tikungan.

Beruntung pengendara tadi segera sadar dan bereaksi saat ada mobil dari arah berlawanan. Tentu jika tidak digubris, maka motor tadi sudah tertabrak mobil.

Baca juga: Etika Berkendara Jalan Satu Arah Buat Pengendara Motor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada yang harus diperhatikan saat melewati jalan raya tanpa marka dan berkelok.

"Usahakan tidak mendahului kendaraan saat di tikungan. Kurangi kecepatan saat masuk di tikungan, atau selalu berjalan pada lajur kiri jalan," ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Alasan kenapa jangan menyalip di tikungan adalah adanya titik buta. Jadi pengendara yang tadi mau mendahului mobil di depannya tidak bisa melihat jauh, padahal ada risiko tabrakan yang besar.

Baca juga: Toyota Rumion Kembaran Suzuki Ertiga Meluncur, Harga Rp 180 Jutaan


"Menyalip saat kondisi jalan lurus. Berikan isyarat lampu sein sebelum mendahului dan pastikan area depan kendaraan yang akan kita dahului aman," kata Agus.

Kondisi jalan lurus setidaknya pengendara bisa mengecek area depan kendaraan yang mau disalip. Jadi saat selesai mendahului, motor bisa kembali ke lajurnya dengan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com