Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Sebut Mobil Berasap Belum Tentu Gagal Uji Emisi

Kompas.com - 04/09/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada fakta unik di balik penyelenggaraan tilang uji emisi yang mulai diselenggarakan di DKI Jakarta. Pakar ahli menjelaskan jika ternyata, kendaraan dengan knalpot berasap belum tentu dipastikan gagal tes.

Fakta terbaru ini sekaligus menjawab mitos yang diperbincangkan masyarakat, yang menyebut jika mobil dengan knalpot berasap pasti tidak akan lolos tilang uji emisi.

Ayuby Lumintang, Pengawas Tim Uji Emisi Enviro yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), meluruskan beberapa miskonsepsi masyarakat seputar proses uji emisi.

Baca juga: Kementerian LHK Sebut Sektor Transportasi Menyumbang Polusi 44 Persen

Razia uji emisi kendaraan resmi berlangsung di Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).kompas.com / Nabilla Ramadhian Razia uji emisi kendaraan resmi berlangsung di Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).

Pertama-tama, dia menjelaskan jika komposisi asap knalpot pada umumnya tersusun dari senyawa atom Karbon atau zat arang.

Walaupun termasuk substrat residual yang merupakan hasil sisa pembakaran BBM, senyawa karbon dinilai cenderung netral.

Saat uji emisi, Ayuby menjelaskan jika barometer pengukuran lebih cenderung pada senyawa turunan yang merupakan radikal bebas, seperti karbon dioksida (CO2), oksigen (O2), Hidrokarbon (HC), dan sihalotrin (Lambda).

Baca juga: Emisi Gas Buang Sulit Dikendalikan, BRIN Jelaskan Pentingnya Uji Emisi

Alat yang digunakan saat tilang uji emisi, untuk menghitung jumlah radikal bebas yang dihasilkan kendaraanKompas.com/Daafa Alat yang digunakan saat tilang uji emisi, untuk menghitung jumlah radikal bebas yang dihasilkan kendaraan

“Kami punya ukuran sendiri untuk senyawa-seyawa ini (radikal bebas), dianggap tidak lolos uji emisi kalau sampai melebihi ambang batas,” ucapnya sembari menunjukkan alat uji emisi kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Singkatnya, barometer pengukuran memang ditetapkan oleh petugas, namun keseluruhan proses uji emisi, mulai penghitungan radikal bebas, sampai penentuan kelayakan kendaraan, dilakukan oleh mesin khusus.

“Pastinya emisi tercipta karena ada ketidaksesuaian saat proses percampuran udara dengan BBM di ruang bakar,” ucapnya.

Baca juga: Ide Komunitas Mobil Tua Agar Lolos dari Sanksi Tilang Uji Emisi

Salah satu kendaraan yang diminta pihak kepolisian untuk dilakukan uji emisi di kawasan Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2023).KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Salah satu kendaraan yang diminta pihak kepolisian untuk dilakukan uji emisi di kawasan Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2023).

Ayuby menambahkan, secara teori, mobil dengan knalpot berasap tidak bisa diklaim akan 100 persen gagal uji emisi, karena boleh jadi, tingkat radikal bebas yang dihasilkan masih berada di bawah ambang batas.

“Tapi memang asap itu jadi indikator visual dan perlu dilakukan tes,” kata dia.

Sebagai informasi, hitungan emisi yang dimaksud Ayuby sudah diatur di dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008, tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan bermotor.

Baca juga: Biaya yang Perlu Disiapkan untuk Sekali Ganti Oli Mesin Mobil

Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.Antara via ABC Australia Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.

Aturannya adalah sebagaimana berikut :

1. Mobil bensin tahun produksi di bawah 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 3,0 persen dengan HC di bawah 700 ppm.

2. Mobil bensin tahun produksi di atas 2007, wajib kadar CO2 di bawah 1,5 persen dengan HC dibawah 200 ppm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com