Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bastianini Patah Tulang Usai Insiden di MotoGP Catalunya 2023

Kompas.com - 04/09/2023, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini terancam absen pada seri ke-12 MotoGP 2023 yang digelar di Sirkuit Marino, Misano pada 10 September 2023 mendatang usai mengalami insiden di GP Catalunya 2023, Minggu (3/9/2023) kemarin.

Pasalnya, buntut dari kecelakaan yang melibatkan lima pebalap sekaligus di tikungan 1 pada putaran pertama tersebut, Bastianini mengalami patah tulang malleolus medial pergelangan kaki kiri dan patah tulang metakarpal di tangan kirinya.

Sehingga, sebagaimana dikabarkan tim penyelenggara MotoGP, ia memerlukan operasi guna mengembalikan ke kondisi optimal.

Baca juga: Hasil Balap MotoGP Catalunya 2023: Drama di Lap Pertama, Aprilia Menggila

Enea Bastianini menjajal motor Ducati Panigale di Sirkuit Mugello, Italia. Foto: Twitter Enea Bastianini Enea Bastianini menjajal motor Ducati Panigale di Sirkuit Mugello, Italia.

Kecelakaan bermula saat start MotoGP Catalunya baru saja dilakukan. Bastianini yang berada di sisi dalam kehilangan kontrol sepeda motornya, tergelincir, dan menyebabkan kecelakaan beruntun.

Kecelakaan itu melibatkan Johann Zarco, Marco Bezzecchi, serta dua pebalap Gresini Racing, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio. Kelima pembalap berakhir terperosok di gravel.

Setelah kecelakaan karambol di tikungan 1, insiden hampir serupa kembali terjadi di Tikungan 2 yang melibatkan Francesco Bagnaia, rekan setim Bastianini di Ducati Lenovo Team. Bagnaia mengalami highside dan terlempar dari motor Ducati Desmosedici GP23.

Bagnaia yang tepat berada di tengah lintasan saat terjatuh dan kakinya terlindas ban motor Brad Binder.

Sontak, red flag langsung dikibarkan oleh penyelenggara. Baik Bagnaia maupun Bastianini tidak ikut dalam start ulang karena cedera yang dialami.

Baca juga: 7 Pelanggaran yang Diincar Selama Operasi Zebra 2023

https://www.instagram.com/p/CwvJsG0IPCR/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Beruntung bagi Bagnaia, Juara Dunia 2022 itu tidak mengalami patah tulang. Bagnaia terlihat mampu berjalan keluar dari rumah sakit meski menggunakan tongkat.

Balap MotoGP Catalunya 2023 lantas dimenangkan duo pebalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, diikuti Jorge Martin (Pramac Racing) di posisi ke-3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com