Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Exotic Sterrato, Motor Listrik Termurah Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 30/08/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperluas syarat pembelian motor listrik agar mendapatkan subsidi Rp 7 juta. Sekarang, setiap satu NIK bisa membeli satu motor listrik yang dapat subsidi.

Untuk motor listrik apa saja yang dapat subsidi, bisa dicek lewat laman Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira). Terdapat 30 motor listrik yang pabrikannya lolos syarat penerima subsidi, yakni TKDN di atas 40 persen.

Redaksi memeriksa beberapa pilihan motor yang menarik, apalagi setelah subsidi harganya makin terjangkau. Motor yang paling murah setelah dapat subsidi adalah Exotic Sterrato, motor listrik dari merek sepeda Pacific.

Baca juga: Pacific Coba Masuk ke Segmen Motor Listrik

Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Gilang Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.

Sterrato setelah mendapatkan subsidi harganya jadi Rp 5.590.000 OTR Jakarta. Pada laman tersebut bisa dicek juga lokasi diler Exotic, yakni di Bekasi, Bogor, dan Gresik.

Bagi yang berminat membeli Sterrato, redaksi sudah mencari spesifikasinya seperti apa. Untuk baterai, punya kapasitas 60V 20,2 Ah, tenaga listrik disalurkan ke dinamo 800 W.

Kombinasi baterai dan dinamo tadi menghasilkan 50 Kpj dan jarak tempuh lebih kurang 55 Km. Tersedia tiga mode berkendara, Eco, Normal dan Sport. Motor listrik ringkas ini diklaim bisa mengangkut sampai 150 Kg.

Baca juga: Kenapa Kaca Depan Bus AKAP Kerap Dipajang Banyak Boneka?

Secara tampilan, Sterrato desainnya seperti motor listrik kebanyakan yang simpel. Lampu utama yang besar ada di depan ditambah lampu sein yang ada di atasnya, seperti alis.

Instrument cluster sudah full digital, terdapat juga remot untuk alarm. Lalu ada colokan USB juga untuk mengisi daya telepon genggam selama motor berjalan.

Pada sektor kaki-kaki, ban sudah memakai model tubeless. Cuma untuk pengereman tampak di depan dan belakang mengandalkan tromol, belum cakram.

Untuk kenyamanan, ada sandaran untuk punggung penumpang. Selain itu, ada tempat taruh barang di depan dan di bawah bagasi yang ukurannya relatif lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com