Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Toyota Sempat Terganggu Mati Listrik

Kompas.com - 06/08/2019, 18:15 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mati listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek dan sebagian pulau Jawa, membawa dampak pada insdustri otmotif. Seperti pabrik perakitan mobil Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Mati listrik lebih dari delapan jam pada Minggu (4/8/2019) tidak terlalu berpengaruh sebab pada hari Minggu pabrik libur. Tapi kondisi yang belum stabil pada Senin (5/8/2019) rupanya berpengaruh pada proses pengecatan.

Baca juga: Reaksi Produsen soal Anies Bebaskan Ganjil Genap Kendaraan Listrik

"Hari minggu tidak terganggu. Seninnya sedikit terganggu karena painting butuh pemanasan," kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, di Jakarta, Selasa (6/7/2019).

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

Baca juga: Anies Bebaskan Ganjil Genap Kendaraan Listrik, Ini Kata Polisi

Kendati ada sedikit kendala di bagian produksi, Bob tidak ingin merinci berapa kerugian yang dialami TMMIN saat mati listrik. Sebab hal itu balik ke hitung-hitungan bisnis di area internal perusahaan.

"Ya ada sedikit, namun dampaknya tidak besar, sebab masih bisa diabsorpsi dengan produksi harian," kata Bob.

Bob mengatakan, kebutuhan listrik di pabrik sangatlah besar. Bahkan, jika listrik padam peranannya tak bisa digantikan oleh generator set (genset). Karena itu bob menyatakan pentingnya listrik untuk pabrik produksi kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com