Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Honda ST 70 Pit Bike Ferrari Tahun 1980-an

Kompas.com - 29/08/2023, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor di pit, jadi kendaraan yang membantu mobilisasi tim balap selama pekan balapan. Sesuai dengan zamannya, pit bike dahulu di Formula 1 sempat memakai Honda ST 70, termasuk pada Tim balap Scuderia Ferrari.

Tempat lelang RM Sotheby's dalam waktu dekat akan melakukan pelelangan barang-barang bersejarah dari pebalap F1 asal Inggris, Nigel Mansell. Salah satu kendaraan yang akan dilelang adalah Honda ST 70 Ferrari Pit Bike.

Dikutip dari Rideapart, Honda ST 7- ini sudah dicat sesuai dengan warna tim Ferrari saat itu. Bahkan di bagian samping ada logo kuda jingkrak dan stiker sponsor ban (Goodyear) serta Magneti Marelli.

Baca juga: KNKT Sedang Hitung Kasus Rangka eSAF Honda yang Bermasalah

Honda ST 70 yang dipakai tim Ferrari dan Nigel MansellRIDEAPART Honda ST 70 yang dipakai tim Ferrari dan Nigel Mansell

Motor ini belum jelas digunakan di tahun berapa, tapi masuk ke daftar lelang barang-barang di tahun 1989. Sebenarnya Honda terakhir memproduksi ST 70 tahun 1981, makanya belum jelas motor ini dipakai kapan oleh Scuderia Ferrari.

Walau belum jelas, cuma motor ini bisa jadi barang koleksi yang menarik. Bahkan kalau ST 70 pit bike ini tidak menyala pun penggemar F1 atau pembelinya nanti masih bisa menikmati motor yang bersejarah.

Baca juga: Kebiasaan Pemilik Mobil yang Bikin Emisi Gas Buang Jadi Tinggi


Rencananya pelelangan dilakukan mulai 4-11 Oktober 2023. Motor ini diperkirakan akan terjual pada angka 5.000 Poundsterling sampai 10.000 Poundsterling, atau setara Rp 90 juta sampai Rp 190 jutaan.

Ini bisa jadi kesempatan yang langka buat para kolektor barang-barang berbau Formula 1. Apalagi bentuknya motor, jadi bisa saja direstorasi dan akhirnya kembali menyala dan digunakan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com