Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Beli Head Unit Android Murah di Lokapasar, Ada Risikonya

Kompas.com - 28/08/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Modifikasi kendaraan zaman sekarang semakin dimudahkan. Banyak aksesori yang bisa dibeli langsung di lokapasar alias marketplace, salah satunya adalah head unit Android.

Saat ini, mengganti head unit Android jadi pilihan para pemilik mobil. Fungsi seperti dengarkan lagi dari Youtube sampai Google Maps sangat dicari orang, praktis kalau pakai head unit Android.

Berdasarkan pantauan redaksi di lokapasar, head unit Android bisa dibeli dengan harga di bawah Rp 1 juta. Nantinya, mereka membawa head unit tersebut ke bengkel variasi, untuk dipasang.

Baca juga: Paket Hemat Head Unit Android untuk LCGC

Head unit Android Rp 1 jutaanKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Head unit Android Rp 1 jutaan

Haedir Balfas, Marketing dari Raja Audio di Bogor mengatakan, head unit Android yang dibeli di lokapasar kebanyakan bermasalah ketika dipasang. Harga memang lebih murah, cuma risikonya besar.

"Online pasti lebih murah dibanding di toko. Kalau di toko kan ada garansi resmi dan jasa pasang," kata Haedir kepada Kompas.com, belum lama ini.

Haedir mengatakan kalau dirinya sering memasang head unit Android yang dibawa oleh pelanggannya. Tapi saat dipasang, ada saja kendala setelah itu, bahkan ada yang sampai mati baru sehari terpasang.

Baca juga: Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya


"Amit-amit kalau ada apa-apa, nanti kirim lagi ke penjual, kalau dia tanggung jawab. Kalau enggak, repot, bongkar pasang di bengkel juga kan ada biayanya," kata Haedir.

Sebenarnya, mengganti head unit Android lebih baik cari di toko saja, bukan beli online. Memang sudah banyak toko terpercaya, cuma ada saja orang yang cari murah, ini yang kadang produknya bermasalah.

Makanya, tidak apa-apa sedikit mengeluarkan biaya lebih banyak saat membeli head unit Android di toko langsung. Setidaknya ada garansi yang bisa dijamin dan rasa tenang kalau misal ada kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com