Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Truk Terjaring Operasi ODOL di Tol Jakarta-Tangerang

Kompas.com - 25/08/2023, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Selasa sampai Kamis tanggal 22-24 Agustus 2023, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) telah melaksanakan operasi Over Dimension Over Load (ODOL) di ruas tol Jakarta Tangerang.

Lokasi kegiatan ODOL yang menjadi sasaran penertiban kendaraan besar, yaitu di kantor Timbangan Karang Tengah Km 9B Ruas Tol Jakarta-Tangerang.

Kegiatan operasi penertiban ini dilaksanakan pada pagi dan sore hari, yaitu pukul 09.30 sd 11.30 dan 13.30 sd 15.00 WIB atau di jam-jam sibuk yang berpotensi terjadi pelanggaran.

Baca juga: Soal Rangka eSAF, Kemendag Minta AHM Lakukan Recall

Jasa Marga menggelar operasi truk ODOL di ruas Tol Jakarta-TangerangDok. Jasa Marga Jasa Marga menggelar operasi truk ODOL di ruas Tol Jakarta-Tangerang

“Pada Operasi ODOL ini, sejumlah 210 kendaraan besar yang terjaring operasi ODOL ditemukan 91 kendaraan besar yang melanggar kelebihan kapasitas berat (over load),” ujar Aprimon, Pgs. Senior Manager Representative Office 2, Jasamarga Metropolitan Tollroad, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

“17 kendaraan besar yang melebihi kapasitas Dimensi (over dimension) dan 102 kendaraan tidak memiliki dokumen lengkap,” kata dia.

Untuk diketahui, operasi penindakan ODOL serupa juga telah dilakukan di Ruas Tol Padaleunyi pada 25 Juli 2023 yang lalu.

Baca juga: Catat, Lokasi Razia Tilang Uji Emisi Tersebar di 5 Wilayah Jakarta

Dari hasil operasi tersebut, terjaring sebanyak sembilan kendaraan Over Load dan tiga kendaraan Over Dimension yang diberikan penindakan berupa tilang oleh pihak Kepolisian.

Selain itu juga dilakukan penindakan pada kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan dokumen kendaraan dan uji KIR.

“Jasa Marga bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Satuan PJR dan BPTJ Kementerian Perhubungan, melaksanakan operasi ini untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta mempertimbangkan kelancaran lalu lintas di jalan tol,” ucap Aprimon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com