Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Mobil Listrik yang Baru Meluncur di Indonesia, Ada 14 Model

Kompas.com - 25/08/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil listrik di Indonesia semakin beragam. Belum lama ini, 11 model baru resmi meluncur, mulai sedan, sport utility vehicle (SUV), hingga multi purpose vehicle (MPV).

Bukan hanya jenisnya yang beragam, tapi asal pabrikannya pun bermacam-macam, baik pabrikan asal China, Eropa, hingga Korea Selatan.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Termurah di GIIAS 2023

Untuk pabrikan asal Korea Selatan, ada Kia dan Hyundai. Sedangkan dari pabrikan Eropa, tercatat ada Mercedes-Benz, Morris Garages (MG), Citroen, dan Volvo. Kemudian, dari pabrikan China ada Wuling, Seres, Chery, Great Wall Motor (GWM), Maxus, dan Neta.

Berikut ini 11 mobil listrik yang baru meluncur di Indonesia:

1. Mercedes-Benz EQS SUV - Rp 3,59 miliar

Mercedes-Benz EQS SUVKompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS SUV

EQS SUV dibekali dengan motor listrik bertenaga 360 tk dengan torsi 800 Nm. Kemampuan akselerainya untuk 0-100 kilometer per jam, dapat dicapai hanya dalam waktu 6 detik.

SUV listrik ini mengandalkan baterai berkapasitas 108,4 kWh, EQS SUV diklaim dapat menempuh jarak untuk sekali pengisian hingga 610 km. Selain itu, pengisian daya juga sangat cepat menggunakan DC Fast Charging, dari 10 persen ke 80 persen hanya butuh 31 menit.

2. Mercedes-Benz EQS Edition 1 - Rp 3,95 miliar

Mercedes-Benz EQS Edition 1Kompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS Edition 1

Sedan listrik mewah ini meluncur dengan jumlah yang sangat terbatas, yakni hanya 12 unit. EQS Edition 1 juga diklaim sebagai mobil yang spesial. Sebab, mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang didesain dari nol dan merupakan cikal bakal mobil listrik Mercedes-Benz.

Secara spesifikasi, sedan listrik ini tidak ada bedanya dengan EQS varian lainnya. Perbedaan hanya pada eksterior atau bersifat kosmetik saja, seperti warna two-tone, emblem Edition 1, dan lainnya. EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, yang dapat menempuh jarak 770 km, jarak terjauh di antara kendaraan listrik di pasar Indonesia.

3. Citroen eC3 - Rp 395 juta

Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkanDok. Carscoops.com Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkan

SUV listrik ini dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh. Motor listriknya ditempatkan pada roda depan dengan daya sebesar 42 kW dan torsinya mencapai 143 Nm.

Citroen eC3 juga memiliki kemampuan pengecasan cepat, dari 10 persen hingga 80 persen hanya butuh waktu 57 menit. Dengan baterai penuh, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 320 km.

Kemampuan akselerasinya untuk 0-60 kilometer per jam, dapat ditempuh dalam 6,8 detik. Sementara kecepatan maksimumnya, diklaim mencapai 107 kilometer per jam.

4. Volvo C40 Recharge - Rp 1,36 miliar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com