Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ground Clearance Mitsubishi XForce Lebih Tinggi dari Pajero Sport

Kompas.com - 25/08/2023, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Dikembangkan secara khusus untuk pasar ASEAN, Mitsubishi XForce membawa sejumlah aspek menarik sebagai SUV ringkas 5-penumpang yang dinamis bagi para pengendara di perkotaan. Salah satunya, ground clearance hingga 222 milimeter (mm).

Jarak antara center muffler dengan atas tanah tersebut bahkan lebih tinggi dibanding Pajero Sport (218 mm) sebagai SUV murni Mitsubishi yang bisa melintas berbagai medan jalan.

Muhammad Arif Dwianto, Head of Sales Training Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, XForce memang sengaja dibuat lebih tinggi karena beberapa alasan.

Baca juga: Selain Rangka, Ini Komponen Motor yang Juga Rawan Karat

Mitsubishi Xforce resmi meluncur di GIIAS 2023, model baru di segmen SUV B.KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mitsubishi Xforce resmi meluncur di GIIAS 2023, model baru di segmen SUV B.

"Dari studi kami, banyak jalanan di Indonesia yang masih belum sepenuhnya aspal, krikil, dan sering banjir khususnya di kota-kota besar. Jadi tentunya dengan ground clearance tinggi, akan memberikan rasa aman," kata dia saat konferensi pers di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/8/2023).

Selain itu, tingginya level ground clearance pada XForce juga karena menimbang posisi transmisi mobil yang lebih rendah dibandingkan Pajero Sport. Kalau tidak dibuat lebih tinggi, dikhawatirkan bakal ada air yang masuk ke ruang terkait saat melintasi genangan.

Adapun kemampuan melintas di genangan air yang disarankan untuk XForce ialah tidak lebih dari setengah atau 2/3 dari ban.

"Secara kemampuan melintasi banjir, Pajero Sport yang 218 mm (ground clearance) jelas lebih mampu karena memang dibuat seperti itu (SUV murni)," ujar Arif.

Baca juga: XForce Resmi Meluncur di Surabaya, Harga mulai Rp 382 Juta

Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over TebetDicky Aditya Wijaya Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over Tebet

"Sementara XForce sebagai mobil bensin, meskipun lebih tinggi ground clearance-nya, posisi transmisinya itu lebih rendah. Memang intake-nya bakal lebih tinggi dari genangan air, tapi kan di sana juga ada lubang transmisi breeder yang bisa bermasalah kalau kena air," tambahnya.

"Meski demikian mobil ini merupakan SUV kompak yang terbaik di kelasnya karena punya ground clearance paling tinggi dari kompetitor," kata Arif lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com