Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Mobil China Ikut Pameran, Tanda Mulai Diterima Masyarakat

Kompas.com - 20/08/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Puluhan merek mobil penumpang ikut Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung pada 10-20 Agustus 2023.

Dalam pameran tahun ini ada sejumlah merek mobil baru asal China yang hadir di Indonesia. Mulai debut, sekadar perkenalan, sampai langsung penetrasi pasar.

Baca juga: Mobil Listrik Lebih Banyak Dicoba Pengunjung GIIAS 2023

MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar Kompas.com/Daafa Alhaqqy MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar

Banyaknya merek China yang ikut pameran merupakan indikasi bahwa masyarakat saat ini mulai menerima merek China.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan, banyaknya merek yang hadir bagus buat plihan konsumen.

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi Arah Ciawi

"Sebagian besar saya lihat sudah kalau kita liha ada Wuling ada DFSK kemudian saya lihat ada Cherry juga agak lumayan," kata Nangoi di IC BSD City, Sabtu (19/8/2023).

Mobil listrik Neta V resmi dijual di Indonesia, harga Rp 379 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Mobil listrik Neta V resmi dijual di Indonesia, harga Rp 379 juta

"Jadi makin banyak sehingga yang namanya itu suatu hal yang positif masyarakat mendapatkan pilihan lebih banyak untuk bisa menentukan model-model mana yang mereka pilih," kata Nangoi.

Baca juga: Mobil Listrik Lebih Banyak Dicoba Pengunjung GIIAS 2023

Seperti diketahui ada lima merek mobil baru asal China baru yang memulai debut di Indonesia. Pertama Great Wall Motor yang membawahi merek Tank, Haval, dan Ora. Kemudian, ada juga Neta dan Maxus.

Ditambah merek China lain yang sudah eksis di Indonesia juga seperti Chery, DFSK, Wuling, Seres, dan MG, maka ada 10 merek China yang ikut pameran otomotif GIIAS tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com