Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ungkap Mobil Terlaris Selama GIIAS 2023, Alphard Termasuk

Kompas.com - 19/08/2023, 17:07 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.COM - Memasuki hari terakhir GIIAS 2023, Toyota Astra Motor (TAM) membagikan data penjualan mobil selama pameran, yang jumlahnya mencapai ribuan unit.

Anton Jimmi Suwandy, Direktor Pemasaran TAM menjelaskan, berdasarkan data yang terkompilasi hingga Jumat (18/8/2023), total mobil Toyota yang terjual adalah sebanyak 3.714 unit.

“Karena ini data per-hari Jumat kemarin, ada indikasi angkanya bisa meningkat karena GIIAS masih 2 hari lagi,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Selain membagikan data penjualan total, Anton juga merinci 5 besar model terpopuler dengan angka SPK tertinggi. Uniknya, kelima model tersebut sangat bervariatif dan punya segmen berbeda-beda.

Baca juga: Jumlah SPK Daihatsu di GIIAS 2023 Lampaui Capaian Tahun Lalu

Toyota Calya 1.2 G AT di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Calya 1.2 G AT di GIIAS 2023

Model terlaris pertama adalah Toyota Avanza dan sekelasnya, termasuk Veloz. Model ini mencatatkan SPK sebanyak 745 unit selama pameran.

Anton menjelaskan jika hal ini sudah diprediksi olehnya sejak awal, menimbang LMPV adalah segmen yang gemuk dan banyak diminati.

“Posisi ini (Avanza peringkat satu) memang sudah diprediksi, dari tahun ke tahun, ini segmen paling diminati,” ujarnya.

Peringkat kedua model terlaris diisi Innova Zenix, menyasar segmen MPV dengan total penjualan sebanyak 543 unit.

Baca juga: MG Serius Penetrasi Mobil Listrik, bukan Hybrid

Test drive Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid

“Innova Zenix juga cukup diminati, untuk semua varian termasuk Hybrid. Khususnya Hybrid, jumlah pemesannya cukup banyak,” ujar Anton.

Berlanjut ke peringkat ketiga, diisi Calya dengan total penjualan 539 unit. Kemudian peringkat keempat diisi Agya dengan total penjualan 428 unit.

Pada peringkat kelima, diisi oleh model premium yakni All New Alphard, dengan total penjualan sebanyaak 167 unit.

Khusus untuk Alphard, Anton mengaku terkejut dengan tingginya angka penjualan ini. Dia berpendapat, data ini mengindikasikan meningkatnya minat konsumen pada segmen premium.

Baca juga: Bikin Penasaran, MG4 EV Paling Banyak Dicoba Pengunjung GIIAS 2023

All New Alphard memiliki opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan low emission. Hal ini merupakan bagian dari upaya Toyota mewujudkan carbon-neutral mobility.
Dok. Toyota Astra Motor All New Alphard memiliki opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan low emission. Hal ini merupakan bagian dari upaya Toyota mewujudkan carbon-neutral mobility.

“Ini termasuk pencapaian yang baik dan membuat kami (TAM) lebih memahami minat dan daya beli konsumen untuk kedepannya,” kata dia.

Untuk diketahui, GIIAS 2023 diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, Banten, mulai Kamis (10/8/2023) hingga Minggu (20/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com