Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Hilux Jadi Motorhome, Siapkan Dana Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 18/08/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, tidak hanya dihadiri oleh pabrikan otomotif saja, tetapi juga diikuti karoseri interior seperti Baze.

Karoseri interior yang bermarkas di Karanggan, Bogor, ini membawa dua produk, yakni Motorhome dengan basis Toyota Hilux dan HiAce tepatnya di Hall 1, ICE BSD City, Tangerang.

Motorhome dengan basis Toyota Hilux ini diberi nama Maha Motorhome. Baze tidak mengerjakan projek ini sendirian, melainkan menggandeng Karoseri Laksana di Ungaran untuk membuat bodi.

Baca juga: Terpaut Cukup Jauh, Ini Perbandingan Fitur Wuling Air EV dan Seres E01

Secara tampilan, mobil ini memiliki ubahan yang cukup mencolok di bagian pikap, di mana diberikan struktur overhang yang panjang layaknya seekor siput yang memiliki rumah.

Pada bagian bodi disematkan lukisan nuansa Indonesia, mulai dari candi Borobudur, hewan Komodo, hingga Bunga Rafflesia Arnoldi.

Maha Motorhome BazeKompas.com/Nanda Maha Motorhome Baze

Masuk ke kabin, seperti biasanya, motorhome buatan Baze bisa dibuat jadi tiga mode, yakni Driving Mode (mode berkendara), Leisure Mode (mode bersantai), dan Sleeping Mode (mode beristirahat).

Motorhome dengan basis pikap kabin ganda ini cukup dihuni oleh empat orang. Selain kasur yang ada di bagian atap mobil (pop-up roof) sofa yang ada di living room bisa dilipat jadi kasur untuk dua orang lagi.

Dilapisi panel kayu serta pencahayaan yang maksimal membuat pemilik akan merasa nyaman ketika berada di kabin ketika di malam hari.

Fasilitas yang ada di kabin Motorhome garapan Baze ini juga sudah cukup lengkap, mulai dari TV, kompor, hingga lemari pendingin.

Maha Motorhome BazeKompas.com/Nanda Maha Motorhome Baze

Ketika redaksi coba duduk di kabin, masih terasa lega dan nyaman. Bahkan untuk orang dengan tinggi 168 cm, tinggi kabinnya masih cukup, tidak perlu menunduk.

Dalam pembuatan kendaraan ini, Baze mengutamakan fungsi untuk kebutuhan, kenyamanan dan keamanan, selama berada di perjalanan.

Aziz Firmansyah, Marketing Communication PT Bahana Selaras (Baze) mengatakan, bagi yang ingin membuat Motorhome seperti ini harus menyiapkan dana Rp 600 jutaan.

Baca juga: Upaya Honda Melestarikan Tenun Indonesia dalam Otomotif

“Untuk pembuatan Motorhome ini biayanya Rp 680 juta, proses pengerjaannya kurang lebih tiga bulan. Material biasanya dari kita, tapi konsumen bisa request motif dan warna,” ucap Aziz, kepada Kompas.com.

Bagi Anda yang memiliki hobi berlibur bersama keluarga Motorhome ini bisa menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan liburan secara private.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com