Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Usia Satu Abad MG di GIIAS 2023

Kompas.com - 17/08/2023, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) merupakan salah satu merek otomotif legendaris. Pasalnya, MG sudah berkiprah di dunia otomotif sejak 100 tahun yang lalu.

Tahun 2023 menjadi momen bersejarah bagi MG, karena usianya sudah mencapai satu abad. Tidak banyak pabrikan otomotif yang bisa bertahan selama itu, dari masa ke masa.

Pertama kali resmi berdiri pada 1924, MG Car Company Limited telah berevolusi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Bahkan, MG saat ini juga turut memasarkan kendaraan elektrifikasi.

Baca juga: MG Tanggung PPN buat Pembelian MG4 EV di GIIAS 2023

MG memulai perjalanannya menuju kejayaan dengan memecahkan rekor kecepatan berkali-kali. Salah satunya pada 1957, di mana MG memecahkan rekor kecepatan dengan EX181 yang berbasis dari MGA. Dengan kapasitas mesin 1.489 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 290 tk. Kecepatan maksimum yang dapat diraihnya tembus 395 kilometer per jam.

Booth MG Motor Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023Kompas.com/Donny Booth MG Motor Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

Sehingga, terbukti bahwa mobilnya memiliki performa yang luar biasa. MG pun menjadi primadona mobil sport di seluruh dunia. Untuk membuktikan performanya, MG juga sempat turun di balap reli.

Dikutip dari mgmotor.me, Rabu (16/8/2023), MG mulai bergabung dengan reli Group B pada 1985. Saat itu, MG mengandalkan mobil balap MG Metro 6R4. Dengan mesin 3.0 L, berkonfigurasi V6, yang ditempatkan di belakang, tenaganya dikembangkan hingga tembus 410 tk.

Baca juga: MG 4 EV Andalkan Teknologi Baterai Canggih, Lebih Tipis dan Efisien

MG kemudian merambah ke pasar arus utama dengan kesuksesan besar melalui mobil MGB-nya. Mobil tersebut menjadi ikon mobil sport yang sangat populer di mata masyarakat pada masa itu. Bahkan, prestisiusnya MGC, kakak dari MGB, berhasil menarik perhatian King Charles III saat masih muda sebagai pilihan mobil sport-nya.

Booth MG Motor Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023Kompas.com/Donny Booth MG Motor Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

Dalam era modern saat ini, MG tak henti-hentinya menciptakan terobosan inovatif melalui teknologi-teknologi terbaru, termasuk sistem konektivitas cerdas iSmart yang memberikan pengalaman berkendara modern yang lebih mudah dan nyaman bagi konsumen.

MG secara global juga sudah menghadirkan beragam produk mobil terdepan yang lengkap, mulai sedan, SUV, MPV, dan lainnya. Memasuki era elektrifikasi, MG juga sudah siap dengan menawarkan New ZS EV dan MG4 EV, serta MG Cyberster.

Peluncuran MG New ZS EV di GIIAS 2023Kompas.com/Donny Peluncuran MG New ZS EV di GIIAS 2023

Puncak perayaan 100 tahun MG dirayakan oleh MG Motor Indonesia dengan meluncurkan New ZS EV di GIIAS 2023. Hadirnya New ZS EV menemani MG4 EV yang sudah meluncur lebih dulu.

"Kesuksesan New MG ZS EV di berbagai negara adalah bukti dedikasi dan komitmen kami. Kami yakin konsumen Indonesia akan merasakan pengalaman berkendara yang memuaskan," kata Arief.

New MG ZS EVDok. MG Motor Indonesia New MG ZS EV

Perayaan ini bertepatan juga dengan bulan kemerdekaan. Untuk itu, MG juga membuat program "Independence Deals". Program tersebut menawarkan uang muka rendah atau low down payment (DP) dengan cicilan mencapai 7 tahun.

Kemudian, terrdapat pula gratis kaca film premium series, voucher Thule mencapai Rp 4 juta, serta beragam merchandise eksklusif MG.

Independence Deals berlaku untuk tiap pembelian unit mobil MG, mulai MG HS, MG ZS, MG5 GT, dan New MG ZS EV, yang juga sudah mulai bisa direservasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com