Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Naik Bus Rasa Bioskop Milik PO Subur Jaya

Kompas.com - 14/08/2023, 17:11 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Subur Jaya baru saja meluncurkan satu unit bus anyar di pameran GIIAS 2023. Nantinya bus tersebut akan digunakan oleh PO Subur Jaya sebagai layanan bus pariwisata.

Uniknya, kabin bus tersebut dirancang dengan konsep seperti studio bioskop. Maka dari itu, tema bus baru milik PO yang berbasis di Rembang, Jawa Tengah diberi nama ‘ Cinema On The Bus’.

Berlokasi di booth Laksana yang ada di GIIAS 2023, Kompas.com langsung menjajal bus tersebut. Penumpang dapat menggunakan pintu dari depan atau belakang yang dibuka secara manual .

Baca juga: Polisi Sebut Kemacetan di Jakarta Makin Parah

Sementara itu, pada interior menawarkan konsep dengan pencahayaan yang hadir dengan 5 tema atau warna.

Perpaduan cahaya tersebut membuat suasana kabin sangat nyaman untuk menonton film seolah seperti di bioskop. Untuk kursi penumpang hadir dengan model reg rest yang berkapasitas 24 set.

Kursi penumpang dari baris paling depan hingga belakang menggunakan  konfigurasi 2-1, sementara itu dari baris ketiga hingga belakang bus punya konfigurasi 2-2.

Bagian kabin bus baru PO Subur  JayaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bagian kabin bus baru PO Subur Jaya

Semua kursi dibuat agar penumpang mendapatkan posisi terbaik untuk melihat ke depan, tepatnya TV yang digantung area depan kabin bus.

Kemudian, bus juga dilengkapi dengan audio yang punya kualitas tinggi sehingga penumpang bisa mendengarkan dengan jelas suara dari tayangan yang di putar pada TV. Maka dari itu, penumpang akan terasa seperti sedang di bioskop berjalan.

Secara spesifikasi, bus menggunakan balutan bodi bus Legacy SR3 XHD Prime Ultimate R. Bodi tersebut merupakan varian terbaru dari unit SR3 sebelumnya.

Bus baru PO Subur Jaya di booth Laksana GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus baru PO Subur Jaya di booth Laksana GIIAS 2023
Baca juga: Keseruan Booth Toyota di GIIAS 2023, Main Simulator Berhadiah Koper

Dibandingkan dengan SR3 sebelumnya, ada sedikit perubahan di eksterior. Bus dilengkapi dengan lampu SR3 model baru pada bagian depan dan belakang.

Terdapat garis stainless di bodi belakang dan chrome finish grill ornament pada fasia depan. 

Kemudian bus ditopang oleh Hino RM 280 yang mana punya keunggulan kapasitas bagasi lebih luas lantaran bagian sisi kanan tembus ke sisi kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com