Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subsidi Bisa Tekan Harga Motor Listrik Honda EM1 e: Jadi Rp 33 Juta

Kompas.com - 14/08/2023, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda EM1 e: pada ajang GIIAS 2023. Rencananya, motor listrik ini mulai diproduksi dan dikirim ke konsumen pada akhir 2023.

Bicara soal harga, Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta-Rp 45 juta.

Secara lebih rinci, harga unit motor Honda EM1 e: dibanderol sekitar Rp 30 juta-Rp 33 juta. Adapun harga baterai MPP e: dijual Rp 10 juta-Rp 12 juta.

Baca juga: Merasakan Sleeper Bus PO Sinar Jaya Rute Solo-Jakarta Berangkat Pagi

Kantor PT Astra Honda Motor.DOK.Laman Astra Honda Kantor PT Astra Honda Motor.

Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya, mengatakan, harga motor listrik EM1 e: masih bisa lebih murah apabila lolos persyaratan subsidi yang diminta pemerintah, salah satunya terkait TKDN minimal sebesar 40 persen.

“Kita masih proses, mudah-mudahan memenuhi persyaratan pemerintah. Kita lagi comply dengan persyaratan pemerintah, sedang diproses pengajuannya,” ujar Thomas di Tangerang (11/8/2023).

Menurut Thomas, harga Honda EM1 e: setelah disubsidi diperkirakan berada di angka Rp 33 juta sampai Rp 35 juta.

Baca juga: Mitsubishi Berencana Melengkapi Fitur ADAS pada XForce

“Honda lagi mengajukan dan memproses itu (insentif motor listrik). TKDN kita lagi proses, mudah-mudahan bisa memenuhi persyaratan pemerintah,” kata dia.

Meski tidak menjelaskan berapa klaim TKDN yang sudah berhasil dipenuhi motor listrik EM1 e:, tapi syarat minimal untuk pengajuan subsidi 40 persen, artinya sudah terpenuhi. 

Sebagai informasi, Honda EM1 e: menjadi motor listrik pertama yang dijual ke konsumen oleh AHM. Sepeda motor listrik tersebut hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Innovative White, Intelligent Matte Black dan Smart Red.

Adapun baterai Honda EM1 e: memiliki profil 50,26V 26,1Ah atau sekitar 1,3 kWh dengan bobot 10,3 kg, dengan jarak tempuh mencapai 41,1 km (WMTC Mode).

Sementara itu, waktu pengecasan motor listrik ini dari 0 sampai 100 persen memakan waktu hingga 6 jam. Sedangkan dari 25 persen sampai 75 persen cuma 2,7 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com