Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Haval Jolion HEV, Mobil Hybrid Penantang Xforce

Kompas.com - 12/08/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Great Wall Motors (GWM) mengungkapkan keseriusannya menggarap pasar otomotif di Indonesia, dan memutuskan hadir di bawah bender Indomobil group.

Keseriusan tersebut ditandai dengan mengikuti ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, untuk memamerkan model-model mobil produksinya. GWM juga menjelaskan jika pihaknya mengincar semua segmen otomotif.

Seperti contoh untuk segmen LSUV, GWM menghadirkan Haval Jolion HEV. Mobil hybrid dengan klaim efisiensi tinggi ini diap bertarung dengan model lain di kelasnya, termasuk Mitsubishi Xforce yang baru diluncurkan.

Constantinus Herlijoso, General Manager Great Wall Motors Indonesia menjelaskan, segmen LSUV Tanah Air terbilang cukup kompetitif. Namun dirinya mengaku optimistis jika Haval Jolion mampu mendapatkan atensi tinggi.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Volvo C40 EV Recharge, Rp 1,36 Miliar

Haval H6 HEV dan Haval Jolion HEV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Haval H6 HEV dan Haval Jolion HEV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Pasalnya hingga saat ini, belum banyak LSUV lain di Indonesia yang mengusung teknologi hybrid. Poin tersebut layak digarisbawahi, karena bisa menjadi daya tarik utama.

“Sekarang juga mulai era elektrifikasi, tapi mungkin ada beberapa konsumen yang masih belum yakin untuk beli mobil listrik. Jadinya (mobil) hybrid adalah solusinya,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (12/8/2023).

Menyoal spesifikasi, Haval Jolion HEV dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc turbo, yang dikawinkan dengan dinamo listrik dan baterai lithium ion, menghasilkan output daya sebesar 139.000 watt.

Ada dua keunggulan yang diklaim oleh Haval Jolion, yakni torsi besar dengan angka 375 newton meter, serta efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Chery Omoda 5 EV Cuma Bisa Dipesan di GIIAS 2023, Siapkan Rp 10 Juta

GWM Haval Jolion HEV, mobil hybrid China yang siap melawan Mitsubishi Xforce, Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Wuling AlvezKompas.com/daafa alhaqqy GWM Haval Jolion HEV, mobil hybrid China yang siap melawan Mitsubishi Xforce, Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Wuling Alvez

Konsumsi BBM Haval Jolion HEV juga cukup tinggi, dengan klaim 5 liter setiap 100 kilometer, atau 1 liter setiap 20 kilometer.

Fitur-fitur keselamatan lain juga tertanam di mobil hybrid China ini, mulai dari ADAS, Adaptive cruise control, lane-keep assist, blind-spot monitoring, sensor tekanan ban, serta kamera pengawas 360 derajat.

Harga resmi Haval Jolion HEV masih belum diumumkan, menimbang GWM masih berfokus pada promosional dan pengenalan saja, selama GIIAS 2023.

Namun jika membandingkan harga dengan negara tetangga, di Australia, Haval menjadi salah satu LSUV terlaris dengan banderol 40.000 dolar Australia untuk varian tertinggi, yang jika dikonversi, menjadi sekitar Rp 396 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com