Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Crossover, Hyundai Klaim Stargazer X Tetap Nyaman

Kompas.com - 12/08/2023, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengeklaim Stargazer X tetap mempertahankan kenyamanan tinggi meskipun sudah melebarkan sayap jadi crossver masuk ke segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) yang khas dengan ketangguhan dan kedinamisan.

Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pendekatan ubahan Stargazer X dimaksud lebih ke crossover perkotaan. Bukan SUV murni yang syarat akan aktivitas off road.

"Pada satu titik, konsumen itu ingin punya MPV tetapi rasanya SUV. Secara utilisasinya, tidak seperti SUV (murni). Sehingga tampilan Stargazer X lebih sporty dibanding model yang sudah ada (Stargazer MPV)," kata Soerjo di ICE BSD, Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Cerita di Balik Pemberian Nama XForce buat SUV Baru Mitsubishi

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

"Itulah alasan kenapa juga kaki-kaki banyak yang tidak dirubah, karena kita itu masih mempertahankan kenyamanan dari MPV," ucap Soerjo, panggilan akrabnya.

Urusan mesin, Stargazer X dibekali mesin sama dengan sang saudara tua, Stargazer, yaitu Smartstream G1.5 L berdaya 113,4 Tk dan torsi 143,8 Nm.

"Kalau soal ground clearance kita naikkan 5 mm, ya pasti itu pengaruh. Tetapi tadi seperti yang sudah dijelaskan, segala sesuatu yang dilakukan di kendaraan sudah diuji agar tidak mengurangi kenyamananan," ucap dia.

Diketahui, Stargazer X merupakan salah satu produk terbaru yang diluncurkan HMID di pameran otomotif GIIAS 2023. Kehadirannya melengkapi portofolio Stargazer seperti Mitsubishi Xpander pada Xpander Cross.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 buat KTT ASEAN 2023 Belum Anti Peluru

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

Hyundai menawarkan Stargazer X dalam dua varian, Stargazer X Style dan Stargazer X Prime. Masing-masing dibanderol dengan Rp 325,6 juta serta Rp 336,2 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

"Kalau Stargazer kemarin kan lebih pada stylish. Sekarang lebih menonjolkan ke sisi dinamis. Ini segmen baru," kata Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com