Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spek Mobil Listrik Daihatsu Vizion-F, Bisa Tempuh 200 Km

Kompas.com - 11/08/2023, 12:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memajang mobil konsep Daihatsu Vizion-F di ajang GIIAS 2023. Mobil ini merupakan hasil studi Daihatsu perihal kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Melihat tampilannya, mobil ini terlihat cukup unik karena menyerupai Daihatsu Gran Max tapi bertenaga listrik, khususnya Gran Max bertipe Blind Van.

Secara spesifikasi, Vizion-F rupanya cukup bersaing dengan mobil listrik kebanyakan. Salah satunya Berkat kapasitas baterai cukup besar, dan sistem penggerak roda belakang yang diusungnya.

Baca juga: Resmi Meluncur, Mitsubishi XForce mulai Rp 379,9 Juta

Mobil listrik Daihatsu Vizion-F di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO Mobil listrik Daihatsu Vizion-F di GIIAS 2023

Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, pengerjaan Vizion-F 100 persen dilakukan oleh teknisi asal Indonesia.

“Tetapi tentunya ketika pengembangan, komunikasi, dan kolaborasinya tetap berjalan dengan prinsipal kita di Jepang,” ucap Anjar di Tangerang (10/8/2023).

Menurutnya, Vizion-F dibekali baterai berkapasitas 28 kWh yang ditempatkan di dasar mobil dan mampu menempuh jarak sejauh 200 Km.

Baca juga: Menakar Harga All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023

“Untuk top speed bisa sampai 100 Kpj, adapun daya angkut maksimum di 500 Kg,” kata Anjar.

“Sementara waktu pengecasan 9 jam dari 0-100 persen dengan normal charging. Kalau fast charging bisa 1 jam dengan yang 30 kWh,” ujarnya.

Anjar juga mengatakan, Vizion-F diproyeksi sebagai kendaraan komersial serbaguna. Artinya, mobil ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Kalau untuk arah perubahan, bisa jadi rescue car atau usaha logistik. Saat ini studi dilakukan tertutup, kita masih melakukan pengembangan dan kajian. Karena ini baru 8 bulan kita mulai studi kendaraan elektrifikasi dengan segmen commercial car,” ujar Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com