Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Jadul PO Lorena Mejeng di Salah Satu Taman Bogor

Kompas.com - 08/08/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com Saat ini berbagai perusahaan otobus (PO) kian giat meluncurkan bus baru dengan teknologi canggih dan desain modern. Nantinya bus baru tersebut akan digunakan melayani penumpang menggantikan unit lama.

Sementara itu, nasib unit bus lama akan dirombak, dijual atau bahkan dipotong-potong menjadi besi tua.

Namun, tidak sedikit pula PO yang justru merawat dan melestarikan unit bus jadul generasi pertamanya, salah satunya PO Lorena. Punya berbagai kisah dan menjadi saksi perjalanan perusahaan, bus pertama PO Lorena kini dipajang di salah salah satu taman di Bogor, Jawa Barat.

Bahkan, bus tersebut seakan menjadi maskot dari taman tersebut. Bagi yang penasaran, masyarakat umum bisa menjumpai unit bus lawas tersebut di taman Lorena City Walk, Pajajaran Indah, Bogor.

Secara spesifikasi, unit pertama milik PO Lorena tersebut menggunakan bodi berbentuk kapsul khas bus klasik. Namun tidak diketahui nama dari jenis bodi bus tersebut sebab tidak ada info yang tertera pada bus.

Bila melihat ke bagian bodi belakang, pada kaca area belakang terdapat tulisan Rahayu Sentosa yang merakit bus tersebut. Kemudian bus ditopang oleh sasis dari Mercedes Benz dengan model mesin depan.

Bus pertama milik PO LorenaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus pertama milik PO Lorena

Secara visual, desain bus klasik tersebut masih dipertahankan oleh unit Lorena keluaran terbaru, yakni dengan perpaduan kelir putih aksen garis hijau, oranye dan merah.

Namun, yang membedakan adalah bus sarat akan desain bus lawas, terutama pada lampu-lampu yang hadir dengan bentuk kotak.

Baca juga: Intip Persiapan Merek Baru Neta, Great Wall, dan Maxus di GIIAS 2023

Uniknya, pada kaca bagian depan menggunakan wiper dengan bukaan tengah bukan ke samping. Sementara itu, pada bodi samping bus, tepatnya area pintu sopir disematkan kode 01 yang menjadi pertanda bus sebagai pertama milik Lorena. Lalu di bawah angka tersebut disematkan pula tahun kelahiran dari bus, yakni 1973. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com