Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Harta Bakal Luncurkan Bus Baru, Pakai Sasis Tronton

Kompas.com - 03/08/2023, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Gunung Harta Transport kian memperkuat layanannya bus dengan memberikan isyarat akan kembali meluncurkan unit baru di tahun ini.

Sebelumnya, pada awal Januari 2023 perusahaan otobus (PO) asal Bali tersebut merilis dua unit baru dari Karoseri Laksana. Kabar mengenai PO Gunung Harta akan kembali meluncurkan bus baru diumumkan melalu Instagram @gunungharta. 

Pada unggahan gambar tersebut, jenis bodi dan jenis mesin yang akan digunakan oleh calon bus baru PO Gunung Harta Tersebut masih menjadi rahasia. Bahkan, bagian bodi bus tampak ditutupi oleh kain berwarna mewah. 

Baca juga: Efek Sembarangan Pakai Filter Udara, Biaya Servis Motor Matik Bisa Tembus Rp 1 Juta

Namun dari bagian bawah bus nampak terlihat bila bus ditopang oleh sasis model tronton. Sasis tronton atau sasis triple axle sendiri punya tampilan khas yakni tiga poros roda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gunung Harta (Official) (@gunungharta)

 

Mengingat ada tiga karoseri Indonesia yang akan meluncurkan bodi bus baru di pameran GIIAS 2023, maka dari itu masih belum bisa dipastikan karoseri mana yang merakit calon bus baru dari PO Gunung Harta.

Sebagai informasi, beberapa karoseri yang nantinya akan meramaikan GIIAS 2023 ada Adiputro, Laksana dan juga Tentrem.

Baca juga: Ini Komponen Motor Matik yang Kerusakannya Sulit Diprediksi

Sementara itu, saat ini di Indonesia sendiri merek yang memasarkan sasis jenis tronton ada Mercedes-Benz, Scania, dan Volvo.

Adapun sasis bus tronton punya keunggulan menopang bodi bus tingkat karena punya  ketangguhan yang lebih unggul dari sasis model biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com