Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Punya Pabrik di RI, tapi Harga Vespa LX 125 Rakitan Lokal Makin Mahal

Kompas.com - 21/06/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik PT Piaggio Indonesia berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, dan sudah beroperasi sejak November 2022. Fasilitas ini dikhususkan untuk memproduksi Vespa seri LX 125 i-get.

Tujuan utama dari pendirian pabrik tersebut adalah untuk memperkuat ekspansi dan membantu peranan strategis Piaggio di Indonesia.

Kendati demikian, ada satu kejanggalan yang ditemukan, karena setelah pabrik tersebut diresmikan, harga Vespa di Indonesia justru mengalami lonjakan.

Sejatinya, produk yang sudah dirakit lokal secara harga bisa lebih murah karena sejumlah faktor, seperti penggunaan komponen diambil dari vendor di Indonesia, dan tidak kena pajak impor dari pemerintah lagi. 

Sebagai contoh pada akhir 2022, Vespa LX 125 dibanderol Rp 40,5 juta. Memasuki pertengahan 2023 mengacu pada situs resmi Vespa Indonesia, harganya justru mengalami kenaikkan menjadi Rp 45.3 juta.

Baca juga: ESDM Ungkap Alasan Distribusi B35 Belum Merata

Peresmian Pabrik Piaggio Group di IndonesiaFoto: Piaggio/TONY Peresmian Pabrik Piaggio Group di Indonesia

Ayu Hapsari, PR and Communication Manager PT Piaggio Indonesia pun beralasan, kenaikan itu disebabkan sejumlah faktor teknis, yakni berupa inflasi, pengenaan pajak, serta biaya perakitan.

“Jadi memang hal-hal tersebut sangat mempengaruhi harga akhir dari produk. Sebetulnya bukan hanya LX yang mengalami kenaikan, tapi juga beberapa varian lainnya,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/6/2023).

Meningkatnya biaya perakitan juga menjadi salah satu faktor yang dimaksud. Sebab sejauh ini, kandungan komposisi lokal yang diproduksi pabrik Piaggio di Cikarang masih terbilang rendah.

Piaggio masih mendatangkan komponen seperti mesin, lampu, serta panel bodi dari beberapa pabriknya di luar negeri, seperti di Vietnam dan Italia. 

Baca juga: 40.000 Hyundai Ioniq 5 Bermasalah di AS, Indonesia Terdampak?

Vespa LX 125 i-get Batik Special EditionKOMPAS.com/Gilang Vespa LX 125 i-get Batik Special Edition

Artinya, proses produksi sejauh ini masih mengandalkan pola completely knock down (CKD), di mana suku cadang didatangkan dari luar negeri untuk kemudian dirakit di assembly plant.

“Hal itu kami (Piaggio) lakukan karena ada standar mutu kualitas yang harus dipenuhi. Jadi memang ada beberapa suku cadang yang didatangkan dari asalnya, seperti mesin, kami datangkan langsung dari Italia,” kata Ayu.

Alhasil punya fasilitas perakitan belum memberikan pengaruh besar khususnya buat konsumen di Indonesia, karena Piaggio tidak mampu mereduksi harga jual LX 125 di dalam negeri .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com