Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Perpanjang Masa Uji Coba Rute ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 31/07/2023, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Antusiasme masyarakat menggunakan layanan Transjakarta rute Kalideres – Bandara Soekarno Hatta (Soetta) cukup tinggi. Tercatat, sebanyak 14.222 pelanggan sudah dilayani sejak diuji coba pada 5 Juni 2023 hingga Sabtu (29/7).

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Daud Joseph mengatakan, angka pelanggan mengalami kenaikan setiap harinya sejak pertama kali diuji coba.

Adapun pelanggan tertinggi harian yang dilayani rute berkode SH1 ini tercatat mencapai 733 orang.

Baca juga: Bikin Avanza Lawas Jadi Veloz Tahun 2020, Segini Biayanya

Suasana di dalam bus TransJakarta SH1 tujuan Terminal Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/7/2023)KOMPAS.com/GADING P Suasana di dalam bus TransJakarta SH1 tujuan Terminal Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/7/2023)

“Kami berharap layanan ini tidak hanya mempermudah karyawan yang bekerja di kawasan Bandara, baik berangkat maupun kembali pulang ke rumah tetapi juga memudakan masyarakat umum beraktivitas di sepanjang jalur yang dilintasi,” ujar Joseph, dalam keterangan tertulis, Senin (31/7/2023).

Joseph mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa uji coba yang sedianya berakhir pada 26 Juni 2023, karena antusiasme masyarakat yang tinggi.

Selain itu, Transjakarta juga menambah jam operasional yang semula beroperasi pukul 06.00 - 09.00 WIB dan pukul 16.00 - 21.00 WIB menjadi pukul 05.30 - 09.00 dan pukul 16.30 - 22.00 WIB.

Baca juga: Ternyata Segini Biaya Masuk Sekolah Balap VR46 Riders Academy Milik Rossi

"Jadi baik karyawan maupun masyarakat yang ingin beraktivitas menggunakan layanan bandara ini bisa terlayani mobilitasnya. Kita akan terus melakukan evaluasi untuk pelayanan yang lebih baik lagi," ucap Joseph.

Sebagai tambahan, Transjakarta menyediakan lima unit bus tipe low entry untuk layanan ini yang ramah disabilitas maupun dan memudahkan pelanggan membawa barang saat beraktivitas.

Selama masa uji coba pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in maupun tap out menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) tanpa dikenakan tarif atau gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com