Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Mulai Uji Coba Rute ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 06/07/2023, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Rabu (5/7), memulai uji coba layanan dari Terminal Kalideres menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan sebaliknya.

Layanan transportasi ini merupakan hasil sinergisitas Transjakarta dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Angkasa Pura (AP) II.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengatakan, penyediaan akses transportasi publik ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini untuk mempermudah warga Jakarta yang bekerja di kawasan dan sekitar bandara.

Baca juga: Benarkah Teknologi Nikuba Bisa Mengubah Air Menjadi Bahan Bakar?

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dalam konferensi pers usai menjajal bus transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/7/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dalam konferensi pers usai menjajal bus transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/7/2023).

"Transjakarta ini juga melayani seluruh masyarakat yang pada saat-saat tertentu berkepentingan menuju ke Bandara Soetta," ujar Heru, dalam keterangan tertulis (5/7/2023).

Menurut Heru, layanan Transjakarta Rute Terminal Kalideres - Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi pada pagi hari mulai pukul 06.00-09.00 dan sore mulai pukul 18.00-21.00.

"Pengoperasian 10 unit bus ini akan diuji coba selama dua pekan ke depan," ucap Heru.

Baca juga: Yamaha Gear 125 Dapat Baju Baru, Harga Tembus Rp 19 Jutaan

Setiap harinya rute bus Terminal Kalideres menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan mampu mengangkut 2.500 penumpang.

Sedangkan lama perjalanan dari titik awal pemberangkatan hingga akhir diperkirakan membutuhkan waktu antara 40-45 menit.

Selama masa uji coba ini, Heru menjelaskan, akan dibuat kuesioner bagi pengguna untuk memberi masukan dan evaluasi layanan. Setelahnya, akan dilakukan evaluasi dan penentuan tarif bagi pengguna yang mengakses layanan.

"Selama uji coba tarif nol rupiah dan waktu operasional mulai pukul 06.00-09.00 serta pukul 18.00-21.00, kita lihat perkembangan sesuaikan dengan kondisi," kata Heru.

Baca juga: Honda Tanggapi Keluhan Artis yang Kecewa Servis di Bengkel Resmi

Area dalam bus transjakarta dengan rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta saat uji coba, Rabu (5/7/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Area dalam bus transjakarta dengan rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta saat uji coba, Rabu (5/7/2023).

Berikut ini rute Transjakarta Terminal Kalideres – Bandara Soekarno-Hatta:

Armada Transjakarta ini akan melalui rute dari Terminal Kalideres melalui Jalan Tampak Siring-Jalan Utan Jati-Jalan Peta Barat-Jalan Citra Garden 7-Jalan Alam Raya-Jalan Rawa Lele-Jalan Rawa Lele 1-Jalan Husein Sastranegara 2-Jalan Husein Sastranegara 1-Gerbang SHIA 1- Seberang Sowan Wisata Belanja-Jalan Cengkareng Golf Club 1-Soewarna Foodhall 1-Jalan Cengkareng Golf Club 3-Terminal Kargo 1-Terminal Kargo 2-Stasiun KA Bandara, dan sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com