Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Kecepatan Sepeda Listrik Ada yang Setara Uji Tabrak Mobil

Kompas.com - 28/07/2023, 15:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Pengguna sepeda listrik kian meningkat, namun sayangnya justru didominasi oleh anak-anak karena orang tua menganggap sepeda listrik adalah mainan.

Padahal sepeda listrik tidak bisa disebut sebagai mainan karena memiliki kecepatan laju yang cukup kencang. Bahkan, kecepatannya ada yang mencapai 50 Kpj atau setara dengan uji tabrak mobil.

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee mengatakan, mobil yang diuji tabrak dalam kondisi mati kecepatannya diatur paling tinggi 60 Km per jam (Kpj), dan diuji tabrak dari depan dan samping.

Baca juga: Catat, Sepeda Listrik Tidak Boleh Digunakan di Jalan Umum

Bermain sepeda listrik di kawasan Pantai Maju PIK, jakarta Utara, Sabtu (11/3/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Bermain sepeda listrik di kawasan Pantai Maju PIK, jakarta Utara, Sabtu (11/3/2023).

"Pada saat crash test itu kecepatan (diatur paling tinggi) antara 52-60 Kpj. Itu sudah dihitung seperti itu," kata Rian belum lama ini.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) sepeda listrik lansiran terbaru sudah semakin cepat, bahkan bisa menembus 50 kpj.

Tentunya hal ini sangat membahayakan jika dikendarai anak di bawah umur. Guna meminimalisasi adanya risiko kecelakaan, Marcell sangat menganjurkan pengguna jalan untuk tetap mawas dan berhati-hati saat menghadapi situasi sepeda listrik yang dikendarai anak kecil masuk ke jalan.

Baca juga: Sepeda Listrik Berbeda dari Sepeda Gowes, Berbahaya Saat Dibawa Anak-anak

Anak di bawah umur (Bocil) mengendarai sepeda listrik di jalan umum bisa sangat membahayakanTangkapan layar youtube @Misterjayofficial Anak di bawah umur (Bocil) mengendarai sepeda listrik di jalan umum bisa sangat membahayakan

“Kita bicara soal kepedulian sosial sesama pengguna jalan. Selama kita berhati-hati, pasti kecelakaan bisa dihindari. Edukasi orangtua kepada anak-anaknya soal pemakaian sepeda listrik juga penting, pastinya jangan sembrono,” ucap Marcell belum lama ini. 

Bagaimanapun sepeda listrik tidak bisa disamakan dengan sepeda biasa yang memiliki kecepatan cukup pelan dan diperlukan usaha untuk menggerakkannya. Sehingga, laju sepeda akan setara dengan kemampuan bocah yang mengendarainya.

Sedangkan sepeda listrik tidak, dia dipengaruhi oleh spesifikasi motor listrik dan baterai yang terpasang pada sepeda listrik. Sehingga, sepeda listrik perlu diwaspadai ketika dikendarai oleh anak kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com