Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Odometer Motor Mentok di Angka 99999.9 dan Kembali ke Nol Lagi

Kompas.com - 23/07/2023, 14:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial memperlihatkan odometer atau jarak tempuh Honda Vario sudah mentok di angka 99999.9 lalu kembali ke nol seperti baru.

Itu menunjukan motor itu sudah menembus jarak sejauh 100.000 Km. Terlepas hal itu normal atau tidak, ternyata kejadian tersebut meninggalkan pertanyaan bagi sebagian netizen.

Jika memang kejadian tersebut benar-benar terjadi, maka akan ada suatu kondisi motor bekas dengan jarak tempuh rendah meski tanpa dilakukan manipulasi atau pengaturan. Lantas, adakah cara membedakannya?

Baca juga: Tips Aman Beli Motor Listrik Bekas, Pakai Rumus Hitungan Odometer

Odometer akan kembali ke nol setelah mencapai angka maksimalTangkapan layar Odometer akan kembali ke nol setelah mencapai angka maksimal

Instruktor Otomotor Academy Yogyakarta Jihan mengatakan konsumen bisa memperhatikan kondisi sepeda motor bekas yang akan dibeli bila odometer tersebut pernah kembali ke nol.

“Motor muda dan tua tentu akan berbeda, sekalipun dirawat dengan baik atau sudah pernah mengalami restorasi, itu bisa membedakan mana informasi odometer yang pertama kali dan selanjutnya,” ucap Jihan kepada Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Mekanik Ahass Cawas Sobirin mengatakan peristiwa tersebut benar adanya, karena memang odometer yang tertera terbatas tidak mampu menampilkan angka lebih dari 100.000 Km.

Baca juga: Beli Motor Bekas Murah, Jangan Terpaku pada Odometer

Odometer mentok 99999.9 kmTangkapan layar akun Instagram @viralno.1 Odometer mentok 99999.9 km

“Sehingga, ketika angka odometer akan kembali ke 0 bila jarak tempuh kendaraan sampai melebihi 99999.9 Km, itu normal dan aman saja,” ucap Sobirin kepada Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Sobirin mengatakan bagi konsumen tidak perlu bingung atau khawatir ketika akan membeli motor bekas karena hal itu bisa dibedakan.

Sehingga, jarak tempuh motor bekas akan tetap bisa terdeteksi sesuai kondisi aslinya. Karena jelas informasi jarak tempuh sebanyak apapun tetap dibutuhkan pengguna.

Baca juga: Kenali Beda Odometer, Tachometer, dan Speedometer

“Ada tandanya, konsumen bisa memperhatikan saat pertama kali kunci kontak di on-kan, nanti akan ada angka yang muncul sebelum layar odometer menampilkan angka, misal 2, 3 dan seterusnya,” ucap Sobirin.

Dia mengatakan angka tersebut menunjukkan kelipatan bahwa suatu sepeda motor sudah pernah mengalami atau menempuh jarak melebihi 100.000 Km berapa kali.

Dengan demikian, jarak tempuh sepeda motor akan tetap bisa diketahui dengan valid meski odometer sudah pernah kembali ke nol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com