Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Ganti Lampu Berujung Mobil Terbakar, Perhatikan Label pada Kabel

Kompas.com - 21/07/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang ada kasus mobil terbakar yang diakibatkan terjadinya korsleting dari pemakaian lampu tidak standar. Sebelum mengganti lampu, penting untuk memperhatikan label pada kabel.

Penggantian lampu atau penambahan lamput kabut kerap dilakukan para pemilik mobil yang ingin melakukan modifikasi. Sayangnya, modifikasi tersebut justru rentan membuat mobil terbakar.

Baca juga: Video Viral Lampu Kabut Mobil Terbakar, Jangan Asal Ganti Bohlam

Yomin Sugianto, spesialis lampu mobil dari Yoong Motor, apabila terjadi kebakaran, biasanya itu kesalahan dari si pemasang lampu yang tidak memperhatikan label pada kabel.

Label pada kabel lampu di mobil ToyotaDok. Yoong Motor Label pada kabel lampu di mobil Toyota

"Seharusnya, waktu pemasangan lampu kabut, itu pasti lihat ada satu kabel yang dikasih tag (label) orisinal dari Toyota, dilarang mengganti yang lebih dari 19 watt atau 17 watt. Kalau tidak salah seperti itu biasanya," ujar pria yang akrab disapa Koh Yoong, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Koh Yoong menambahkan, setiap lampu kabut Toyota yang model-model baru, pasti ada keterangan seperti itu. Namun, mungkin saja yang memasang lampu pura-pura tidak tahu, yang penting barang dagangannya laku.

Baca juga: Hal yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

Jika lampu yang digunakan lebih besar dari kemampuan kabel, maka kabel bisa memanas hingga akhirnya terbakar. Kondisi ini yang menjadi salah satu penyebab mobil terbakar.

Untuk itu, perhatikan selalu label pada kabel ketika mengganti lampu mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com