Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Akselerasi Pendidikan di Daerah Serambi IKN Nusantara

Kompas.com - 19/07/2023, 08:18 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) melakukan kolaborasi bersama untuk akselerasi keunggulan sekolah di daerah serambi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ada program 4 pilar yang digagas, yaitu karakter, akademis, seni budaya, kecakapan hidup. Selain itu perkembangan infrastruktur juga jadi poin perhatian, supaya sekolah mampu memberikan pelayanan maksimal tehadap pendidikan.

Pada kegiatan kali ini, Astra melalui YPA-MDR melakukan penandatanganan M.o.U kerja sama dengan pemerintah daerah, yang dihadiri oleh beberapa tokoh penting.

Adapun tokoh yang dimaksud yakni Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Wardani Sugiyanto, Kepala Bidang SMK Provinsi Kalimantan Timur, M. Kurniawan, Direktur Astra, Gita Tiffani Boer, serta beberapa jajaran lainnya.

Baca juga: Apakah Perlu Matikan AC Mobil Saat Melewati Tanjakan?

Astra Akselerasi Pendidikan di Daerah Serambi Ibu Kota Negara NusantaraASTRA Astra Akselerasi Pendidikan di Daerah Serambi Ibu Kota Negara Nusantara

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan, menyediakan fasilitas dan sumber daya yang memadai, serta meningkatkan kompetensi para guru dan staf pendidikan melalui pelatihan dan pengembangan profesional.

Selain itu, kerja sama ini juga dapat mencakup pemberian bantuan peralatan pendidikan, dan program-program peningkatan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Wardani Sugiyanto, DIrektur SMK Kemendikbud Ristek, mengapresiasi kontribusi yang diberikan Astra dalam pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan nasional.

"Sebagai perusahaan yang peduli terhadap pendidikan, Astra telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung percepatan dalam pendidikan." Ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis Rabu (19/7/2023).

Baca juga: SIM Mati saat Libur Tahun Baru Islam, Ada Dispensasi Satu Hari

Apresiasi tersebut diterima dengan baik oleh Gita Tiffany Boer, Direktur Astra. Dirinya menjelaskan, Astra berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi sosial, dalam segala bentuk.

“Salah satunya meningkatkan pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia,” ucapnya.

Astra melalui YPA-MDR membina 11 Sekolah Dasar, 2 Sekolah Tingkat Menengah, 2 Sekolah Tingkat SMK di kawasan IKN Nusantara.

Dukungan ini akan mencakup pembangunan dan renovasi fasilitas sekolah, termasuk ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, serta fokus peningkatan kompetensi kepala sekolah, guru & siswa secara berkelanjutan.

Lebih lanjut, YPA-MDR juga menyasar komite sekolah, yang nantinya diharapkan dapat membantu dalam menjalankan proses percepatan keunggulan sekolah.

Baca juga: Kecelakaan KA Brantas di Madukoro Semarang, Kemungkinan Truk Tersangkut di Rel

Ilustrasi sekolah.SHUTTERSTOCK/Superstar Ilustrasi sekolah.

Sebelumnya, YPA-MDR juga telah menjalankan program Guru Muda Garda Depan (GMGD) Angkatan IV, di Menara Astra, Jakarta, pada Jumat, (14/7/2023).

Program GMGD bertujuan membantu dan mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah binaan Astra,untuk menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan mendorong inovasi di kalangan guru & siswa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com