Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Yamaha RX-King Tahun 1994 Tak Sampai Rp 5 Juta

Kompas.com - 17/07/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Yamaha RX-King menjadi salah satu motor yang harganya naik drastis. Motor yang dijuluki motor jambret tersebut sudah setop produksi sejak 2009 dan kini menjadi mainan para pehobi.

Namun tahukah kalau di zamannya RX-King termasuk "motor terjangkau" jika dihitung dengan nilai tukar saat ini. Dalam video yang diunggah akun TikTok Mukapuyung, terlihat harga RX-King pada tahun 1994 yaitu Rp 4.203.000.

Baca juga: Ragam Oli Mobil yang Pemula Harus Tahu

Yamaha RX-King Gold tahun 2022 di Tumplek Blek 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha RX-King Gold tahun 2022 di Tumplek Blek 2022

Harga tersebut terlihat dari sebuah brosur yang harganya ditulis pakai spidol. Disinyalir harga yang tertera tersebut ditulis oleh sales atau tenaga penjual saat membagikan ke calon konsumen.

Menariknya, nyaris tiga dekade lalu harga motor batangan tersebut tidak sampai Rp 5 juta. Sedangkan saat ini harga motor paling murah Yamaha ialah skutik 125cc, yaitu Mio M3 yang dibanderol Rp 17 jutaan.

Salah satu kisah sukses RX-King terjual mahal yaitu pada 2019. Di mana ada RX-King Special Edition 20 Years, produksi 2003 berhasil terjual Rp 150 juta oleh seorang pembeli asal Sumetara Utara.

Baca juga: Ini Jenis Ranjau Paku yang Paling Berbahaya di Jalan

Motor RX-King milik Ahmad Sahroni yang punya cerita mendalam tentang masa mudanyaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Motor RX-King milik Ahmad Sahroni yang punya cerita mendalam tentang masa mudanya

Ahmad Arif alias Arif King Priok, pedagang jual beli Yamaha RX Series di Jakarta Utara, mengatakan, harga RX-King kondisi bagus orian kini sudah tembus di atas Rp 20 juta sampai tak terhingga alias gelap.

“Kalau orian, ori yang betul itu sudah Rp 20 juta ke atas. Sudah jarang di bawah itu. Berlaku untuk semua tahun (tahun tua atau muda), dari Rp 20 juta sampai tak terhingga,” kata Arif kepada Kompas.com.

Arif mengatakan, harga RX-King yang sangat tinggi itu menunjukkan bahwa motor 2-tak ini punya penggemar tersendiri . Namun jangan karena ada motor yang terjual Rp 150 juta, kemudian semua RX-King dipatok sama.

Baca juga: Mesin Mobil yang Ngelitik Bisa Hilang Sendiri?

RX-King Sultan Priok milik Ahmad Sahroni PapnMam Modified RX-King Sultan Priok milik Ahmad Sahroni

"Saya bisa jelaskan kondisinya gimana. Kenapa motornya bisa segitu harganya. Kalau dilihat kan itu New Old Stock, yang bikin mahal sebetulnya bukan karena itu SE, yang utama itu karena dia NOS, kilometer baru dikit," ujar Arif.

Salah satu penggermar RX-King ialah Ahmad Sahroni yang punya julukan Sultan Priok. Dia mempunyai empat RX-King di rumah. Dua model standaran, satu semi racing dan satu unit yang modifikasi penuh.

"Udah cukup, ini aja udah, enggak, cukup. Dua standar, dua modifikasi. udah enggak bisa apa-apa lagi," kata Bang Roni panggilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com