Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Cikereteg Bogor Sudah Bisa Dilewati Motor

Kompas.com - 17/07/2023, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan yang melewati Jembatan Cikereteg, akses utama Kabupaten Bogor menuju Sukabumi dan sebaliknya, mulai kembali normal.

Meski begitu, belum semua kendaraan bisa melewati jembatan tersebut. Pasalnya, sampai saat ini pembangunan jembatan masih dikerjakan.

Kapolsek Caringin Iptu Ketut Lasswarjana, mengatakan, saat ini Jembatan Cikereteg hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja.

Baca juga: Rumus Hitungan Ganti Oli Gardan dengan Oli Mesin

 

Untuk mobil, sementara belum bisa melintas di Jembatan Cikereteg. Menurutnya, mobil dari Bogor menuju Sukabumi maupun sebaliknya, melewati Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

“Untuk roda empat belum, bisanya lewat tol,” ujar Ketut, dikutip dari NTMC Polri (17/7/2023).

Sementara itu, dilansir dari Instagram resmi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Jembatan Cikereteg mulai dibuka fungsional pada 17 Juli 2023 pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Baru Tahun 1984, Suzuki Jimny Cuma Rp 7 Juta

Fungsionalisasi secara dua arah ini dilakukan untuk mengfungsionalkan kembali ruas jalan nasional Ciawi – Sukabumi,” tulis keterangan foto Instagram @pupr_jalan_dkijabar (17/7/2023).

Jembatan Cikereteg dibuka selebar 3 meter untuk kendaraan roda 2 (dua), dan 1,7 meter untuk jalur pejalan kaki serta 1,2 meter untuk pekerja yang tetap melaksanakan pekerjaan bagian parapet jembatan sisi barat,” lanjut keterangan posting tersebut.

Sebelumnya, jembatan bailey Cikereteg yang menjadi penghubung jalan nasional Sukabumi-Bogor kembali alami longsor, pada Kamis (6/7/2023), pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Pengemudi Belum Mahir, Brio Mandek Saat Cari Parkir di Tanjakan Mal

Jembatan Cikereteg yang berlokasi di ruas Jalan Raya Bogor Ciawi-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles akibat diguyur hujan deras. Kini, semua kendaraan roda empat dan selebihnya dilarang melintasi jembatan tersebut. Kendaraan dialihkan ke jalan tol.Dok. Polsek Ciawi Jembatan Cikereteg yang berlokasi di ruas Jalan Raya Bogor Ciawi-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles akibat diguyur hujan deras. Kini, semua kendaraan roda empat dan selebihnya dilarang melintasi jembatan tersebut. Kendaraan dialihkan ke jalan tol.

Padahal, rencananya hari itu menjadi hari pertama jembatan tersebut dibuka kembali, setelah sebelumnya sempat tutup hampir sebulan karena longsor. Walhasil jembatan itu kembali ditutup total.

Petugas yang berwajib pun melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor agar dapat menggunakan jalur alternatir.

Bagi pengendara motor yang berasal dari Kota Bogor, diarahkan melalui Batu Tulis, keluar di Pasar Caringin. Atau dari Ciawi melalui Tapos, lalu keluar di Pasar Cikereteg.

Adapun untuk kendaraan roda empat, pikap truk dan bus, dari arah Ciawi atau Cigombong menuju Sukabumi dan sebaliknya, dapat melalui Tol Bocimi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com