Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Ranjau Paku yang Paling Berbahaya di Jalan

Kompas.com - 17/07/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ranjau paku di jalan raya merupakan momok buat pengguna kendaraan terutama sepeda motor. Ranjau paku tak hanya membuat ban bocor namun bisa sampai membuat ban robek.

Dalam video viral yang diunggah akun Instagram, Jakarta Terkini ditemukan banyak ranjau paku di Jl Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur. Ranjau paku yang ditemukan bukan paku biasa (paku tembok), tapi dari jari-jari payung.

Baca juga: Truk Kecelakaan Gara-gara Bus Intra Ngeblong, Busnya Langsung Kabur

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC mengatakan, pada dasarnya ranjau paku yang sangat merugikan ialah ranjau paku buatan berdimensi besar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

"Paku yang disebut di sini ialah paku besar, ada (juga) yang berupa benda asing yang dibikin seperti besi (dipotong-potong) segitiga atau dari jari-jari payung. Intinya yang berdimensi besar," ujar Dodi panggilannya kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Dodi mengatakan, permasalahan ranjau seperti itu ialah kalau sudah merobek ban maka sulit ditambal bahkan untuk ban tubeless sekalipun. Sebab fungsi menambal ialah menutup lapisan ban yang terkena luka tusuk kecil bukan robek.

"Karena begitu dia menembus ke ban dia merobek lapisan di dalam. Ban itu terdiri dari tiga lapisan dan seterusnya dan ada benang, kalau pakunya besar takutnya nanti nambalnya tidak optimal," kata dia.

Baca juga: Hyundai Resmi Luncurkan Varian Baru Stargazer

"Sedangkan yang banyak beredar saat ini bentuk tambalannya buat yang kecil yang (lubangnya) bentuknya seperti cacing itu kan jadi dicolok. Kalau dimensi besar itu dikhawatirkan tambalan tidak sempurna jadi seperti bocor halus, atau nanti terlepas lagi," ujarnya.

Tambal ban motor tubeless model cacing Dicky Aditya Wijaya Tambal ban motor tubeless model cacing

Penasihat Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community Abdul Rohim, mengatakan jenis ranjau ruji payung merupakan jenis ranjau paku yang paling berbahaya yang mesti dihindari di jalan.

"Karena (ban) tubeless juga bisa gembos, bahkan (ban) roda empat mobil juga bisa gembos,” kata Rohim.

Ranjau jari-jari payung termasuk yang paling banyak ditemukan di Jakarta. Ranjau ini didapatkan dari payung bekas yang kemudian dipotong dengan ukuran tertentu dan ditebar di ruas-ruas jalan protokol, seperti di Jalan Gatot Subroto,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com