Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Honda Supra Kalahkan Motor Trail di Tanjakan Licin

Kompas.com - 16/07/2023, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan motor bebek mampu "mengalahkan" motor trail di jalur off road kembali terjadi. Motor Honda Supra modifikasi lebih tangguh saat diajak menanjak di jalur off road.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, pendakilawas terlihat di awal video ada dua pehobi motor trail yang kesulitan menaklukkan tanjakan berlumpur yang curam dan licin.

Baca juga: Ada Perbaikan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek, Ini Lokasi dan Waktunya

Namun di video terakhir yang diduga warga sekitar, yang sedang bekerja sambil membawa barang di tengah motor dan golok di pinggang, dapat dengan mudah naik hingga akhir tanjakan menggunakan Supra modifikasi berbalut ban off road.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pendaki Gunung Indonesia (@pendakilawas)

 

"Lu Supra lu punya kuasa," tulis keterangan video dikutip Kompas.com, Minggu (16/7/2023).

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDDC), mengatakan, motor memang bukan segalanya, kemampuan lebih dominan dalam hal ini. Tapi komponen motor seperti ban juga membantu.

"Tapi, ada juga yang ibu-ibu, tapi mampu lewati jalur off road. Mereka bisa karena biasa, insting dia sudah melekat," ujar Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, harus dilihat beban sepeda motornya yang berbeda. Motor trail lebih berat, sehingga bebek bisa lebih mudah melalui jalan off road. Selain itu, penguasaan medan atau trek.

Baca juga: Ketahui Penyebab Ban Motor Bunting

Motor trail di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur (Dok. Instagram atvadventureindonesia) Motor trail di ATV Adventure Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur (Dok. Instagram atvadventureindonesia)

"Bagi pengendara bebek tersebut, mungkin sudah menjadi kesehariannya melewati jalan tersebut. Jadi, tidak masalah dengan kondisi jalan seperti itu," ujar Agus.

Bisa saja kata Agus, pengendara motor bebek tersebut sudah beberapa kali mempelajari jalur aman yang bisa dilalui tanpa harus bersusah payah.

Menurutnya, terkadang tidak semua pengendara off road bisa menguasai kendaraannya dalam trek tertentu, misalnya di jalur kubangan, berbatu, dan lainnya.

"Poinnya, jika kita sering melalui jalur yang ekstrem, maka jalur tersebut menjadi mudah dilalui. Namun, bagi mereka yang baru sekali lewat, maka akan sangat sulit dilalui," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com