Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gibran Dorong Kolaborasi Batik Solo untuk Desain Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 13/07/2023, 13:41 WIB
Labib Zamani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Kolaborasi apik antara Solo dengan Korea Selatan (Korsel) dalam bidang otomotif mendapat sambutan baik dari Forum Otomotif Soloraya (FOSR).

Batik khas Solo digunakan sebagai desain mobil Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik buatan Korea Selatan edisi khusus batik ini bakal dirilis pada Agustus 2023.

Ketua Umum Forum Otomotif Soloraya, Saiful Ramadan mengungkapkan, penggunaan motif batik Solo dalam desain mobil listrik buatan Korea Selatan baru pertama kali dan baru di era Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Saiful, kolaborasi ini sangat baik karena sekaligus mengenalkan budaya Solo (batik) ke dunia internasional.

Baca juga: Rapor Ekspor Omoda 5 Semester I/2023, Diklaim Terus Meningkat

"Setahu saya iya baru kali ini (kolaborasi batik untuk desain mibil listrik). Saya rasa bagus karena mengenalkan budaya kita ke kancah internasional," kata Saiful ditemui di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/7/2023) malam.

Ketua Umum Forum Otomotif Soloraya, Saiful Ramadan di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/7/2023) malam.KOMPAS.com/Labib Zamani Ketua Umum Forum Otomotif Soloraya, Saiful Ramadan di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/7/2023) malam.

Saiful mengatakan, siap mendukung Pemerintah Kota maupun pihak-pihak terkait dalam penggunaan mobil listrik ke depannya.

Bahkan, pihaknya juga akan mengadakan event untuk mengenalkan mobil listrik kepada masyarakat Solo.

"Mas Gibran juga menyampaikan hal serupa. Bahwa sebentar lagi masanya (menggunakan mobil listrik). Kita mendorong teman-teman masyarakat itu supaya kita sebagai kepanjangan tangan Mas Wali, dinas, Lantas, dan sebagainya kita siap untuk (mendukung) program itu (mobil listrik)," jelas dia.

"Kemarin Mas Gibran mengatakan ayo bikin event bekerja sama dengan PLN karena penyedia cas baterainya atau dengan Hyundai mengadakan event kontes mobil listrik. Ini untuk memancing bahwa (mobil listrik) bisa dikreasikan," sambung dia.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke Korea Selatan terkait perayaan 50 tahun persahabatan Indonesia-Korea Selatan dan kolaborasi dengan Hyundai untuk mobil listrik.

Kabag Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Solo, Herwin Nugroho mengatakan, kunjungan Gibran ke Korea Selatan akan berlangsung hingga Kamis (8/6/2023).

Gibran berangkat dari Solo ke Korea Selatan akhir pekan lalu setelah menerima undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul.

"Kunjungan Mas Wali untuk memastikan desain (batik) untuk mobil listrik. Kan akan diluncurkannya di Indonesia, Agustus nanti," kata Herwin di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2023).

Herwin mengatakan belum tahu mobil listrik bermotif batik buatan Hyundai akan diluncurkan di Jakarta atau Solo.

"Saya belum tahu finalnya apakah akan diluncurkannya di pusatkan di Solo kan ini masi di sana toh (Mas Wali). Nanti kalau sudah pulang beliau akan menyampaikan," kata dia.

Lebih jauh, Herwin berharap hasil dari kunjungan putra sulung Presiden Jokowi ke Korea Selatan dan kolaborasi batik semakin dikenal di dunia internasional.

"Prinsipnya kan batik semakin dikenal di dunia internasional kalau kaitannya dengan desain batik itu. Bahwa Solo ibu kota batik harapannya ya Solo bisa lebih dikenal," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com