Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Prototipe Kawasaki Ninja BEV, Sudah Mirip Versi Produksi

Kompas.com - 11/01/2023, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki pada akhir 2022 memperkenalkan produk yang rendah emisinya, salah satu yang dibawa adalah Ninja BEV (Battery Electric Vehicle).

Sesuai dengan namanya, Ninja BEV merupakan motor listrik berbasis baterai. Secara tampilan, Ninja BEV ini mirip dengan Ninja 250 yang ada di Indonesia, tapi dimensinya sedikit lebih ramping.

Dikutip dari Autoby, Ninja BEV yang masih prototipe ini bisa dibilang sudah mirip versi produksi. Selain itu, prototipe yang dibawa saat EICMA 2022 ini sudah jauh berbeda dari prototipe EV sport yang dibuat tahun 2019.

Baca juga: Harga Motor Sport 250cc Kawasaki dan Yamaha Naik Awal Tahun Baru

Prototipe Kawasaki Ninja BEV, motor listrik berbasis baterai dari Kawasaki untuk pasar EropaAUTOBY.jp Prototipe Kawasaki Ninja BEV, motor listrik berbasis baterai dari Kawasaki untuk pasar Eropa

Pada model prototipe EV sport, motor listrik Kawasaki tersebut masih memakai transmisi empat percepatan. Sedangkan di Ninja BEV, cuma memakai satu transmisi, layaknya motor listrik pada umumnya.

Ninja BEV pun sebenarnya dijadwalkan dijual pada 2023, mengisi pasar Eropa untuk kategori SIM A1. Oleh karena itu, dimensinya kompak, seperti Ninja 125 yang dijual di Eropa.

Dari bentuk fairing, dibuat menutupi baterai dan rangka motornya. Modelnya sedikit lebih lebar namun ada beberapa saluran udara untuk mengeluarkan panas atau mendinginkan baterai.

Baca juga: Ini Beda Tugas Sopir 1 dan Sopir 2 di Bus AKAP


Kemudian, Ninja BEV yang cuma punya satu gigi transmisi berarti tidak ada tuas untuk memindahkan gigi di foot peg kiri. Sedangkan untuk baterai, memakai dua baterai dengan kapasitas 3 kWh yang disambung ke motor listrik dan digerakkan oleh roda belakang melalui rantai.

Lalu, dari segi desain memang serupa dengan Ninja 125 yang ada di Eropa. Bedanya, sudah dilengkapi dengan lampu sein LED baik di depan maupun belakang, mengambil dari ZX-25R.

Uniknya, di setang sisi kanan ada tombol eBoost. Tampaknya tersedia mode power, di mana tenaga yang dikeluarkan motor listrik jadi lebih besar, untuk mendapatkan akselerasi yang lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com