Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Dipakai untuk Umum, Berapa Harga Sewa Sirkuit Mandalika?

Kompas.com - 11/07/2023, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Circuit banyak membuat para pencinta otomotif penasaran. Tidak hanya melihatnya secara langsung, tapi juga mencoba untuk melintasinya.

Sirkuit Mandalika digunakan untuk menggelar ajang balap motor internasional, seperti World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP. Tapi, sebenarnya sirkuit ini bisa digunakan untuk banyak hal.

Baca juga: MGPA Tanggapi Soal Rencana Penghapusan WorldSBK Mandalika

Siapa pun bisa menyewa sirkuit ini untuk berbagai keperluan, tidak terbatas untuk balap motor saja. Untuk balap mobil atau fun run juga bisa digelar di sirkuit ini, atau mungkin sekadar track day bersama teman-teman komunitas.

Hasil foto kamera utama 64 MP mode malam di Galaxy A53 5G. Bisa dilihat, detail tulisan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dipenuhi lampucukup tajam dan memiliki warna yang menyerupai aslinya meski diambil pada malam hari. 
KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera utama 64 MP mode malam di Galaxy A53 5G. Bisa dilihat, detail tulisan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dipenuhi lampucukup tajam dan memiliki warna yang menyerupai aslinya meski diambil pada malam hari.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, pihaknya mematok biaya Rp 125 juta pada hari biasa dan Rp 150 juta pada akhir pekan. Harga tersebut berlaku untuk komunitas, tanpa membawa sponsor atau merek tertentu.

“Itu seharian, dari pagi sampai sore, dari jam 09.30 (waktu setempat) sampai jam 17.00,” ujar Priandhi saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Karena Rugi WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Ini Komentar ITDC

Priandhi menambahkan, pada pukul 17.00 waktu setempat, trek akan ditutup. Namun, teman-teman dari komunitas masih diizinkan untuk berfoto-foto di trek.

Foto udara jalur lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang selesai diaspal ulang di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (26/10/2022). Menjelang gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 pada 11-13 November mendatang, ITDC dan MGPA membenahi jalur lintasan atau track improvement  Sirkuit Mandalika, diantaranya pengaspalan ulang permukaan lintasan, pelebaran run-off dan pengecatan kerb yang secara keseluruhan ditargetkan selesai akhir Oktober 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi Foto udara jalur lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang selesai diaspal ulang di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (26/10/2022). Menjelang gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 pada 11-13 November mendatang, ITDC dan MGPA membenahi jalur lintasan atau track improvement Sirkuit Mandalika, diantaranya pengaspalan ulang permukaan lintasan, pelebaran run-off dan pengecatan kerb yang secara keseluruhan ditargetkan selesai akhir Oktober 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.

“Rp 125 juta saya kasih 15 marshal, satu petugas medis, satu ambulans, satu dokter dengan dua perawat. Selain itu, saya berikan juga timing system,” kata Priandhi.

Priandhi menambahkan, akan ada juga marshal yang berjaga di Pit In dan Pit Out. Sementara untuk kapasitasnya, pihaknya mengizinkan maksimal sampai 50 motor.

Pebalap memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

“Kenapa maksimum 50 (motor), karena saya lepasin satu per satu, dengan 50 itu satu orang satu kali sesi bisa enam lap, sehari dia bisa empat kali. Jadi, empat kali enam lap, puas ya," ujarnya.

Priandhi menambahkan, jika ada pihak yang membawa logo merek tertentu atau dari pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), MGPA memasang harga Rp 225 juta pada hari biasa dan Rp 250 juta pada akhir pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com