Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandalika Racing Series 2023 Siap Tampilkan Semua Kelas Balap Motor

Kompas.com - 06/07/2023, 19:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana kejuaraan nasional balap motor sport yang bertajuk Mandalika Racing Series sukses digelar. Untuk seri kedua, ajang balap ini akan menampilkan semua kelas.

Untuk seri perdana, Mandalika Racing Series dengan kelas Sport 250 menjadi Supporting Race pada ajang World Superbike (WorldSBK) 2023 pada 3-5 Maret.

Baca juga: WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Bagaimana dengan MotoGP?

Seri kedua rencananya akan digelar pada 15-16 Juli 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit secara mandiri. Artinya, tidak berstatus sebagai Supporting Race lagi.

Seri kedua Mandalika Racing Series 2023 akan digelar secara mandiri di Sirkuit MandalikaKompas.com/Donny Seri kedua Mandalika Racing Series 2023 akan digelar secara mandiri di Sirkuit Mandalika

Maka itu, kelas kejurnas yang dipertandingkan bisa lengkap, mulai Sport 150, Sport 250, dan Supersport 600. Selain itu, dibuka juga kelas Underbone 150 dan Supersport/Superbike Community sebagai Supporting Race.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, Mandalika Racing Series telah menjadi entitas baru di dunia motorsport Indonesia. Sebab, menjadi kejuaraan nasional berjenjang menuju pentas dunia.

Baca juga: Karena Rugi WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Ini Komentar ITDC

"Kami di MGPA menyambut baik adanya Mnadalika Racing Series ini, karena telah terbukti di putaran pertama mampu mengundang pebalap papan atas nasional untuk berkompetisi didukung para pabrikan," ujar Priandhi, dalam sambutannya, di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Gelaran seri pertama Mandalika Racing SeriesDok. MRS Gelaran seri pertama Mandalika Racing Series

Priandhi menambahkan, pada seri kedua ini diharapkan lebih banyak pebalap lain yang turun karena lengkap dari kelas kejurnas dan kelas pendukung.

"Tidak itu saja, Mandalika Racing Series juga diharapkan akan menjadi ajang pengembangan produk serta promosi semua pihak yang memiliki keterkaitan dengan industri sepeda motor di Indonesia," kata Priandhi.

Eddy Saputra, perwakilan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan, Mandalika Racing Series telah membangkitkan semangat para pebalap untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik di kelas Sportbike.

Gelaran seri pertama Mandalika Racing SeriesDok. MRS Gelaran seri pertama Mandalika Racing Series

"Pada putaran sebelumnya, 18 pebalap di kelas Sport 250 telah membuktikan performanya tampil di hadapan puluhan ribu penonton WorldSBK Mandalika," ujarnya.

Selain sebagai kejurnas, Mandalika Racing Series juga bisa menjadi tolok ukur kesiapan untuk menggelar Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 seri keempat pada Agustus.

Mandalika Racing Series bisa ditonton oleh masyarakat umum dengan melakukan pembelian tiket melalui situs www.mandalikaracingseries.com.

Selain itu, tersedia juga ticket box di pintu masuk Sirkuit Mandalika. Harga tiketnya sendiri berkisar mulai Rp 50.000 hingga Rp 250.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com